Hemmen

Puncak Arus Balik Ahad-Senin, Korlantas Polri: Pulang Lebih Awal Atau Lambat

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Aan Suhanan, Ahad (7/4/2024) memberikan keterangan terkait arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1445 Hijriah/2024 kepada wartawan. FOTO: Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pemudik diimbau menghindari puncak arus balik tersebut dengan kembali lebih awal atau lebih lambat, karena Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah terjadi pada Ahad (14/4/2024) dan Senin (15/4).

Kepala Korlantas Polri Irjen (Pol) Aan Suhanan dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Sabtu (13/4) menyampaikan pada Jumat (12/4) bahwa imbauan tersebut adalah pilihan guna menghindari kemacetan.

Kemenkumham Bali

“Jangan tunggu puncak (arus balik) atau kami juga mengimbau menunda balik setelah itu atau tanggal 17, 18, 19 (April 2024),” katanya.

Ia meminta pemudik memanfaatkan potongan harga tarif tol yang diberlakukan pada tanggal 17 hingga 19 April 2024 agar tidak terjadi penumpukan kendaraan pada saat puncak arus balik.

BACA JUGA  Tiba di Indonesia, Fisik Pemain Abroad Langsung Digeber

“Silakan para pegawai mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home (WFH), itu bisa dilaksanakan,” katanya.

Selain itu, pengendara juga diimbau untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Pihaknya mewanti-wanti pengendara untuk tidak memaksakan diri terus berkendara jika konsentrasi sudah berkurang dan merasa lelah.

“Kami tetap mengimbau pada saat arus balik ini pastikan kesehatan atau stamina dalam keadaan prima,” katanya.

Dia mengatakan pengendara roda empat paling tidak harus istirahat setelah 4 jam perjalanan, sementara pengendara roda dua maksimal harus istirahat setelah 2 jam perjalanan.

“Untuk angkutan umum, itu masa kerja itu delapan jam. Kalau sudah delapan jam berarti pakai sopir cadangan. Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan, sehingga keselamatan ini bisa tetap kita jamin,” kata Aan Suhanan.

BACA JUGA  Tilang Elektronik Dimaksimalkan Korlantas Polri Selama Libur Nataru

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengimbau para pemudik agar balik pada Jumat (12/4) atau Sabtu (13/4).

“Oleh karenanya, seperti anjuran Presiden waktu itu agar kembali lebih awal. Kalau bisa besok atau Sabtu,” kata Budi di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kamis (11/4).

Menurutnya, arus balik pada 2 hari itu masih sepi dan tidak akan menyebabkan kepadatan, karena puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran 2024.

“Karena Ahad (14/4) dan Senin (15/4) itu pasti terjadi satu kenaikan yang besar,” kata Menhub. (Ant/02)