Wishnutama Inginkan Pariwisata Labuhan Bajo Selaras dengan Ekonomi Kreatif

Menparekraf Wishnutama saat mengunjungi Labuhan Bajo/foto: Dok.Kemenparekraf

Labuhan Bajo, Sudut Pandang-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menginginkan pengembangan kawasan pariwisata di Labuan Bajo berjalan selaras dengan pengembangan ekonomi kreatif sehingga akan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wishnutama saat bertemu perwakilan komunitas kreatif Labuan Bajo di Kampung Ujung, Manggarai Barat, NTT, Kamis (28/11/2019).

IMG-20220125-WA0002

Ia juga mendorong agar para pelaku kreatif tidak hanya memberikan aspirasi, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif Labuan Bajo.

Sejumlah perwakilan komunitas kreatif di Labuan Bajo di antaranya adalah pelaku-pelaku kreatif yang berkecimpung di industri kopi, lukisan, fotografi, musik dan lain sebagainya.

“Kedepannya, usaha pengembangan di kawasan destinasi wisata harus melibatkan pelaku kreatif daerah setempat. Sehingga generasi muda di wilayah destinasi dapat memanfaatkan kreativitas mereka untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya,” kata Wishnutama.

Wishnutama menututkan, hal itu sesuai dengan arahan dan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa ekonomi kreatif harus memberikan manfaat terhadap masyarakat di daerah dan tidak melulu di kota-kota besar. Bahwa tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata baru, tapi juga menjadi ruang ekosistem untuk tumbuh, hidup dan berkembangnya industri kreatif.

“Kami berharap masyarakat setempat terlibat dan menerima dampak positif dari pembangunan, sehingga perekonomian masyarakat akan semakin membaik karena pariwisata dan industri kreatifnya,” harap Wishnutama yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.bmg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.