8 Tim Berebut Tiket ke FIBA 3×3 World Tour Hong Kong

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – IBL 3×3 Indonesia Tour 2022 sudah memasuki tahap akhir. Di mana dari empat seri penyelenggaraan yang sudah dilalui, ada delapan tim tertinggi dari 15 kontestan di kategori Elite.

Mereka akan bertemu di babak Grand Final di Bintaro Jaya XChange Mall, Tangerang pada 1-2 Oktober 2022. Di sini, kedelapan tim akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara, sekaligus tiket ke FIBA 3×3 World Tour Hong Kong Masters.

IMG-20220125-WA0002

Di ranah 3×3, IBL 3×3 ini bisa dikatakan sebagai turnamen Quest. Turnamen yang bisa membuka jalan bagi tim di salah satu negara untuk masuk ke FIBA 3×3 World Tour, yang menjadi ajang 3×3 profesional dunia.

Nantinya mereka punya kesempatan untuk bertanding dengan tim-tim 3×3 porfesional dari seluruh dunia yang setiap tahunnya digelar di berbagai negara. Namun sebelum mendapatkan kesempatan tersebut, mereka terlebih dahulu harus berjuang untuk menjadi pemenang.

Sebagai babak penyisihan, IBL 3×3 digelar di Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Solo. Dari semua penyelenggaran tersebut, nantinya dipilih 8 tim yang masuk ke Grand Final di Tangerang. Penentuan rangking tim ini berdasarkan Tour Standing yang dihitung sesuai dengan FIBA 3×3 Tour Set-up Guide. Kemudian setelah melewati empat seri maka IBL 3×3 sudah memiliki delapan tim yang menduduki posisi atas klasemen.

Tim nomor satu atau puncak klasemen ada Satria Muda Pertamina Jakarta. Mereka berhasil mengumpulkan 370 poin. Karena mereka menjadi juara tiga kali dari empat penyelenggaraan babak penyisihan. Bima Perkasa menyulus di belakangnya karena dua kali jadi runner up, dan mengumpulkan 275 poin. Kemudian di posisi ketiga ada Bali United dengan jumlah poin 225.

Bumi Borneo Pontianak melejit ke posisi keempat setelah mereka berhasil menjadi finalis di seri Solo. Mereka mengumpulkan 205 poin. RANS PIK Basketball yang selalu tampil bagus di babak penyisihan ada di peringkat kelima. RANS harus memperbaiki penampilan, karena mereka gagal di babak Playoffs. RANS mengumpulkan 186 poin. Kemudian Pacific Caesar Surabaya ada di peringkat ke-6 dengan 172 poin.

Satya Wacana Salatiga mengisi peringkat ke-7 dengan 165 poin. Sedangkan yang terakhir ada Prawira Bandung yang mengumpulkan poin 164. Prawira memang sempat menjadi juara di seri Yogyakarta. Tapi di tiga penyelenggaraan seri lainnya, mereka kurang bagus. Sehingga hanya poin di Yogyakarta saja yang berhasil membuat mereka lolos ke Grand Final.

Untuk FIBA 3×3 World Tour Hong Kong Masters sendiri akan diselenggarakan pada 26-27 November 2022. Jadi pemenangnya punya waktu sekitar dua bulan untuk mempersiapkan diri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.