KMA Indonesia Siap Kerjasama Bidang Yudisial dengan KMA Brazil

Indonesia
Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH, MH, didampingi oleh Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Prof. Dr. Sunarto, SH, MH, dan Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, SH, LLM, menerima kunjungan KMA terpilih brazil (Foto:Net)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH, MH, didampingi oleh Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Prof. Dr. Sunarto, SH, MH, dan Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, SH, LLM, menerima kunjungan kunjungan kehormatan dari Ketua Mahkamah Agung terpilih Brazil, Hon. Justice Antonio Herman Benjamin didampingi oleh Duta Besar Brazil untuk Indonesia, H.E. George Monteiro Prata.

Kedatangannya itu diharapkan Ketua MA Indonesia bisa hadir pada pelantikan Justice Antonio Benjamin sebagai Ketua STJ Brazil yang akan dilangsungkan pada tanggal 22 Agustus 2024 mendatang. pada  pertemuan berlangsung di ruang kerja Ketua MA, Kamis (25/7/2024).

Kemenkumham Bali

“Saya sangat menghargai perhatian Justice Antonio Benjamin terhadap Indonesia dan berharap untuk memperkuat kerja sama yudisial antara kedua negara,” kata Ketua MA RI dalam keterangannya.

BACA JUGA  Bertemu Menteri Jepang, Puan Berharap Bisa Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Hingga Sektor Industri

Justice Herman Benjamin juga mengusulkan peningkatan kerja sama dalam pemanfaatan kecerdasan buatan dalam peradilan dan administrasi perkara, serta pembangunan kerja sama pendidikan kehakiman antara Judicial Institusi Brazil dengan Pusdiklat MA.

“Indonesia dan Brazil memiliki banyak kesamaan dalam aspek luasnya wilayah, jumlah penduduk yang besar, dan kekayaan sumber daya alam. Kerja sama ini akan sangat penting bagi kedua negara,” kata Justice Antonio Benjamin.

Ketua MA RI, dalam responsnya, menyambut baik usulan untuk memperkuat kerja sama tersebut.

“Kami melihat area kecerdasan buatan sebagai prioritas melalui peluncuran program smart majelis dan deteksi dini kesamaan perkara,” ujarnya.

Ditambahkan bahwa kerja sama dalam bidang pendidikan yudisial menjadi hal yang diharapkan dapat segera ditandatangani.

BACA JUGA  Pemerintah Tanzania Ajak Kerja Sama PLN Bangun Sistem Kelistrikan Afrika Timur

Justice Antonio Benjamin saat ini berada di Indonesia dalam rangka kunjungan kerja untuk menghadiri Workshop Model of Forest Act Initiative 26-30 Juli 2024 di BSDK Ciawi.

“Kunjungan ini tidak hanya memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Brazil di bidang yudisial, tetapi juga membuka peluang baru untuk kolaborasi yang lebih erat dalam pengembangan sistem peradilan yang modern dan efektif di masa depan, katanya.(PR/04)