Bali  

Sambut Hari Pengayoman, Imigrasi Singaraja Gelar Donor Darah 

Sambut Hari Pengayoman, Imigrasi Singaraja Gelar Donor Darah 
Menyambut Hari Pengayoman ke-79, Kantor Imigrasi Singaraja bersama dengan Lapas Singaraja menyelenggarakan kegiatan donor darah, Selasa (6/8/2024).(Foto:Humas Kanim Singaraja)

SINGARAJA-BALI, SUDUTPANDANG.ID – Menyambut Hari Pengayoman ke-79, Kantor Imigrasi Singaraja bersama dengan Lapas Singaraja menggelar kegiatan sosial donor darah.

Donor darah yang berlangsung di Aula Kantor Imigrasi Singaraja, Selasa (6/8/2024), terlaksana berkat kerja sama dan sinergi dengan tim medis dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buleleng.

Kemenkumham Bali

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja, Hendra Setiawan, menyampaikan bahwa kegiatan sosial ini merupakan wujud kepedulian insan pengayoman untuk masyarakat.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh jajaran yang sukarela menyumbangkan darahnya demi memberikan manfaat kepada sesama,” ucap Hendra.

Hendra menerangkan, untuk dapat mendonorkan darah harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu.

“Semua yang ingin mendonorkan darahnya harus diperiksa HB darah, tekanan darah, serta observasi kesehatan oleh tenaga kesehatan,” terangnya.

BACA JUGA  Hadiri Rapat Penanganan Covid-19, Kapolres Badung Sampaikan Ini

“Dari 46 peserta yang mendaftar, hanya 29 orang yang memenuhi syarat sementara sisanya tidak diizinkan melakukan donor karena kadar hemoglobin, tekanan darah ataupun kondisinya tidak mendukung,” sambung Hendra.

Ia mengatakan, donor darah ini tidak hanya dilaksanakan di Kantor Imigrasi Singaraja, tetapi juga serentak di seluruh satuan kerja di lingkungan Kemenkumham.

“Donor darah memiliki berbagai manfaat, termasuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan membantu mendeteksi dini berbagai penyakit,” jelas Hendra.

Pihaknya berharap donor darah ini dapat menjadi contoh positif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama di seluruh lapisan masyarakat.

Tidak hanya dari jajaran Kantor Imigrasi Singaraja dan Lapas Singaraja, antusiasme donor darah kali ini juga diikuti oleh Dharma Wanita Persatuan Kantor Imigrasi Singaraja. (One/01)