HUT RI ke-79, Pelindo Makassar Gelar “Safety Riding”-Service Gratis Ojek

Ojek
Pelindo Group wilayah kerja Makassar berkolaborasi melakukan pelatihan "safety riding" dan service motor gratis bagi total 79 ojek online dan (ojol) ojek pangkalan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (13/8/2024) dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79. FOTO: HO-Pelindo Makassar

MAKASSAR-SULSEL, SUDUTPANDANG.ID – Pelindo Group wilayah kerja Makassar berkolaborasi melakukan pelatihan “safety riding” dan service motor gratis bagi total 79 ojek online dan (ojol) ojek pangkalan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (13/8/2024) dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Dalam taklimat media yang diterima di Makassar, Rabu (14/8), disebutkan kegiatan tersebut berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar dengan materi pelatihan yang disampaikan I Komang Oka Sudarmawan Diputra, Junior Manager Operasi Pelindo Regional 4 Makassar.

Kemenkumham Bali

Menurut Komang, tujuan dari pelatihan safety riding ini adalah untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan melindungi nyawa dan harta benda baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

Ia menyampaikan manfaat dari pelatihan safety riding, yaitu untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya, mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Serta mengetahui tata cara berkendara yang aman,” katanya.

Berbagai hal terkait safety riding juga disampaikan Komang kepada para ojek online dan ojek pangkalan yang hadir, yaitu tentang ketentuan hukum untuk pengendara sepeda motor, tetap aman saat berkendara, perlengkapan saat berkendara sepeda motor, kondisi sepeda motor, serta dokumen administrasi ketika berkendara.

BACA JUGA  Selamat Datang di Tanah Air Satgas TNI Konga UNIFIL 2018-2019

Kemudian, juga disampaikan poin-poin yang berkaitan dengan kendali keselamatan sepeda motor, di antaranya tentang bagaimana posisi tubuh, posisi jalan, saat membelok, mengerem, ketika berkendara di malam hari, berkendara dengan berboncengan, dan bagaimana saat berkendara dengan membawa barang.

Selain itu, dia juga menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan bahaya yang mengancam pengemudi jika berkendara sambil menggunakan ponsel.

“Sebab berkendara sambil menggunakan ponsel saat mengemudi adalah bencana. Karena mengemudi memerlukan konsentrasi yang tinggi sehingga apabila ditambah dengan aktivitas lain seperti menelepon, akan memengaruhi konsentrasi kita,” kata Komang.

Sementara itu Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam menyebutkan bahwa safety riding dan service motor gratis yang dilakukan kepada 79 ojek online dan ojek pangkalan ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan Perseroan.
“Bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun 2024 ini,” katanya.

TJSL merupakan program Perseroan yang wajib untuk dipenuhi dan dijalankan setiap tahun yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama di area lingkungan kerja perusahaan dengan fokus pada tiga bidang, yakni Pendidikan, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, serta Bina Lingkungan.

BACA JUGA  Menpora Beri Penghargaan ke Tujuh Gubernur

“Dan Safety riding ini termasuk TJSL Pelindo khususnya bidang Pendidikan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar menyampaikan bahwa tahun lalu pihaknya juga memberikan service gratis kepada para ojek online, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78.

“Tahun ini kami berkolaborasi dengan Pelindo Regional 4 dan Pelindo Regional 4 Makassar, selain memberikan service gratis juga melakukan pelatihan safety riding. Jadi bukan hanya service kendaraan, tapi juga edukasi safety riding sekaligus sosialisasi bagaimana jika ojek online masuk ke dalam wilayah pelabuhan karena saat ini khususnya di Pelabuhan Makassar, Pelindo sudah menerapkan sistem autogate pass di mana siapa pun yang masuk ke dalam pelabuhan harus menggunakan kartu elektronik karena tidak ada lagi sistem pembayaran menggunakan uang tunai,” katanya.

Patrick menambahkan bahwa selama ini ojek, utamanya ojek online sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

“Tak terkecuali bagi pegawai Pelindo, misalnya untuk membeli makanan, mengantarkan paket atau dokumen, serta berbagai keperluan lainnya,” katanya.

Sedangkan General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin bahwa pelatihan safety riding ini adalah untuk menyampaikan, memberikan “awareness” atau semacam pemberitahuan supaya para ojek online dan ojek pangkalan lebih berhati-hati lagi saat mengendarai sepeda motor di jalan raya.

BACA JUGA  HUT ke-79 RI di Sidoarjo Diwarnai Pakaian Adat Dari Sabang-Merauke

“Sampai saat ini keberadaan ojek sangat membantu sekali bagi masyarakat luas. Ojek, baik yang online maupun yang pangkalan merupakan penopang ekonomi negeri ini. Para ojek menjadi salah satu pondasi ekonomi di negara kita,” katanya.

Melalui pelatihan ini pihaknya mau mengingatkan kembali kepada para ojek online dan ojek pangkalan, bagaimana berkendara yang baik dan benar, serta lebih mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

“Semoga tahun depan kita bisa memberikan yang lebih baik lagi kepada para ojek. Terima kasih, selama ini sudah banyak membantu terutama bagi para pegawai di lingkungan pelabuhan,” kata Iwan Sjarifuddin. (PR/02)