Jadi Kado Istimewa HUT RI, Lurah Ngronggo Terima Penghargaan Tingkat Nasional dari BNN

Jadi Kado Istimewa HUT RI, Lurah Ngronggo Terima Penghargaan Tingkat Nasional dari BNN
Pj Wali Kota Kediri, Zanariah menyerahkan piagam penghargaan dari BNN RI kepada Lurah Ngronggo, Heru Sugiarto, sdi Aula Lapas Kelas IIA Kediri, Sabtu (17/8/2024).(Foto:CN SP)

“Kelurahan Ngronggo dari Kota Kediri adalah satu-satunya yang menerima penghargaan dari BNN RI.”

KOTA KEDIRI, SUDUTPANDANG.ID – Lurah Ngronggo, Heru Sugiarto, menerima piagam penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) RI. Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan jasanya dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih narkoba.

Kemenkumham Bali

BNN menilai Heru Sugiarto berhasil dalam bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba prekursor narkotika di wilayahnya, Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur.

Penghargaan dari BNN tersebut menjadi kado istimewa bagi Lurah Ngronggo pada HUT ke-79 Republik Indonesia.

Penghargaan dari BNN tersebut diserahkan oleh Pj Wali Kota Kediri, Zanariah kepada Lurah Ngronggo, Heru Sugiarto, saat menghadiri penyerahan SK Remisi kepada 617 warga binaan di Aula Lapas Kelas IIA Kediri, Sabtu (17/8/2024).

“Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen dan jasa Lurah Ngronggo dalam rangka mewujudkan Indonesia bersih narkoba di bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika,” ujar Zanariah.

Piagam tersebut dikeluarkan di Jakarta pada tanggal 26 Juni 2024 yang ditandatangani Kepala BNN RI, Marthinus Hukom,. S.I.K., M.Si.

“Pada kesempatan ini juga disampaikan dan kami gabungkan acaranya terkait dengan pemberian penghargaan dari BNN kepada Lurah Ngronggo Pak Heru Sugiarto atas komitmen dan jasanya dalam mewujudkan Indonesia bersih narkoba. Dan informasinya bahwa Kelurahan Ngronggo dari Kota Kediri adalah satu-satunya yang menerima penghargaan dari BNN RI,” tutur Zanariah.

Zanariah mengucapkan terima kasih atas dukungan semua stakeholder sehingga Kelurahan Ngronggo mendapatkan penghargaan secara nasional mewakili Provinsi Jawa Timur.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa mengiringi niat leluhur kita untuk mengabdi dan berbakti kepada nusa bangsa dan negara,” harapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Ngronggo Heru Sugiarto mengaku senangnya atas piagam penghargaan tesebut.

“Penghargaan ini diraih dalam komitmen dan jasa untuk mewujudkan Indonesia bersih dari narkoba. Kami di Kelurahan Ngronggo berkomitmen untuk mengajak masyarakat untuk menjauhi narkoba,” ujarnya.

Heru menjelaskan, kegiatan ajakan kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba dimulai sejak tahun 2020 lalu.

“Setelah mendapatkan SK dari Wali Kota Kediri tahun 2020 terkait Kelurahan bersih narkoba, mulai saat itu kami membuat kegiatan-kegiatan untuk menjauhi narkoba. ” katanya.

Ada pun salah satu kegiatan rutin dilakukan di Kelurahan Ngronggo terkait narkoba, setiap Hari Anti Narkotika selalu mengadakan malam renungan dengan mengajak masyarakat untuk merenungkan bahwa negara perang dengan narkoba.

“Sosialisasi di masyarakat terus kami lakukan seperti membuat podcast, video, film terkait bersih narkoba. Intinya semua kegiatan untuk generasi muda yang sifatnya untuk menjauhi narkoba kami lakukan,” tuturnya. (CN/01)

BACA JUGA  Belasan Rumah Warga Trenggalek Rusak Terdampak Tanah Gerak