Dandim 0819 Pasuruan Tegaskan Netralitas TNI di Pilkada

Dandim
Komandan Kodim (Dandim) 0819 Pasuruan, Jawa Timur, Letkol (Arh) Noor Iskak, S.T memberikan penegasan tentang sikap netralitas TNI dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Aula Makodim, Jalan Veteran No. 5, Kota Pasuruan, Senin (2/9/2024). FOTO: Kodim Pasuruan

PASURUAN-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Komandan Kodim (Dandim) 0819 Pasuruan, Jawa Timur, Letkol (Arh) Noor Iskak, S.T memberikan penegasan tentang sikap netralitas TNI dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

“Netralitas TNI adalah harga mati. Kita tidak boleh berpihak kepada salah satu calon atau partai politik manapun. Tugas kita adalah menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung,” katanya pada pengarahan untuk seluruh anggota dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodim Pasuruan dalam kegiatan Jam Komandan yang berlangsung di Aula Makodim, Jalan Veteran No. 5, Kota Pasuruan, Senin (2/9/2024).

Kemenkumham Bali

Ia menyampaikan bahwa TNI harus senantiasa memegang teguh prinsip netralitas dalam setiap kontestasi politik, termasuk Pilkada 2024 yang akan datang.

BACA JUGA  Akhmad Jajuli Siap Pimpin Kabupaten Lebak Banten

Dalam arahannya, Komandan Kodim 0819 Pasuruan juga mengingatkan pentingnya seluruh anggota TNI dan PNS untuk tetap fokus pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka.

Ia menekankan bahwa peran TNI bukan untuk terlibat dalam politik praktis, melainkan untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Kegiatan Jam Komandan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana Dandim memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk menyampaikan pertanyaan dan saran.

Noor Iskak juga menegaskan bahwa sikap netralitas ini harus selalu dijaga.(Acz/02)