Plt Bupati Sidoarjo Harapkan Ada Kampung Olahraga di Semua Wilayah

kampung
Plt Bupati Sidoarjo, Jawa Timur Subandi di sela acara pengukuhan 23 ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa se-Kecamatan Wonoayu yang digelar di Desa Jimbaran Wetan, Kecamatan Wonoayu, Senin (2/9/2024). FOTO: Humas Pemkak Sidoarjo

SIDOARJO-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Plt Bupati Sidoarjo, Jawa Timur Subandi berharap ada kampung olahraga di semua desa di Sidoarjo, seperti 23 desa di Kecamatan Wonoayu yang sudah menyatakan diri sebagai Kampung Olahraga Masyarakat Desa.

Hal itu disampaikan Subandi di sela acara pengukuhan 23 ketua Kampung Olahraga Masyarakat Desa se-Kecamatan Wonoayu yang digelar di Desa Jimbaran Wetan, Kecamatan Wonoayu, Senin (2/9/2024).

Kemenkumham Bali

Pengukuhan dilakukan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kabupaten Sidoarjo Hadi Sutjipto.

Bupati menyatakan tugas mereka menghimpun dan memberdayakan cabang organisasi olahraga masyarakat di Kecamatan Wonoayu.

“Pemerintah daerah akan mendukung Kampung Olahraga Masyarakat Desa. Saya ingin seluruh masyarakat selalu sehat, imunnya meningkat dengan kegiatan olahraga masyarakat yang digelar Kampung Olahraga Masyarakat Desa,” katanya.

Saat hadir di kegiatan itu, Subandi mendapat sambutan meriah. Mulai dari anggota PKK Desa Jimbaran Wetan sampai komunitas olahraga masyarakat di desa tersebut. Ada komunitas sepeda jengki, komunitas olahraga enggrang sampai kemeriahan hiburan tari ular.

BACA JUGA  Pembukaan Bali untuk Wisatawan Asing Tak Langsung Tingkatkan

Produk UMKM warga desa juga ditampilkan menyambut kedatangan Plt Bupati Sidoarjo. Berbagai produk makanan maupun minuman ada dalam gerai-gerai yang disediakan.

Di hadapan masyarakat, Subandi menyatakan pihaknya sangat mendukung terbentuknya Kampung Olahraga Masyarakat Desa. Seperti halnya yang dilakukan seluruh desa di Kecamatan Wonoayu.

Ia berharap desa lainnya dapat mencontohnya. Dapat mengiatkan olahraga masyarakat kepada seluruh lapisan masyarakat.

Ia juga berterima kasih kepada Korni, karena organisasi olahraga masyarakat tersebut terus menggerakkan olahraga masyarakat. Masyarakat Sidoarjo semakin bersemangat dan gemar berolahraga.

“Kita sangat berharap kegiatan-kegiatan olahraga di masyarakat semakin tumbuh dan berkembang dengan adanya Kampung Olahraga Masyarakat Desa seperti ini. Seperti senam bersama, ini tidak hanya menyehatkan, namun juga meningkatkan keguyuban antar warga,”ujarnya.

BACA JUGA  Menag: KUA Tempat Nikah Semua Agama Banyak Didukung

Ia mengatakan, kegiatan olahraga bersama seperti ini memiliki multiplier effect. Selain sehat, guyub rukun, kegiatan ekonomi dapat tumbuh. Masyarakat yang memiliki usaha dapat mengenalkan produknya secara luas.

“Lewat kegiatan olahraga bersama seperti ini akan menumbuhkan UMKM-UMKM yang ada,” kata Subandi.

Ketua Kormi Kabupaten Sidoarjo Hadi Sutjipto mengatakan, Kecamatan Wonoayu menjadi kecamatan kedua yang seluruh desanya menyatakan diri sebagai Kampung Olahraga Masyarakat Desa.

Sebelumnya dilakukan seluruh desa di Kecamatan Sedati. Ia berharap seluruh desa dapat juga sebagai penggerak olahraga masyarakat. Bersama-sama Kormi Sidoarjo menghidupkan kembali olahraga tradisional kepada masyarakat.

“Pengukuhan Kampung Olahraga Masyarakat Desa secara masal seperti ini adalah yang kedua, setelah desa se Kecamatan Sedati langsung disusul oleh desa se Kecamatan Wonoayu, ini tadi ada permintaan dari Kecamatan Prambon ingin juga seperti Kecamatan Wonoayu, Alhamdulillah,” ujarnya.

BACA JUGA  Plt Bupati Sediakan 1000 Lowongan Kerja di Job Fair Sidoarjo 2024

Ia bersyukur organisasinya mendapatkan dukungan pemerintah daerah. Dengan dukungan tersebut memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat akan semakin masif dilakukannya.

Menghidupkan kembali olahraga masyarakat akan gencar dilakukan. seperti halnya olahraga permainan gobak sodor, patil lele sampai dakon, kata Hadi Sutjipto.(Acz/02)