Dandim Dampingi Pangdam V/Brawijaya Resmikan TNI Manunggal Air di Pasuruan

Air
Dandim 0819/Pasuruan Letkol (Arh) Noor Iskah, S.T mendampingi Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, M.A., dalam acara peresmian TNI Manunggal Air di Dusun Sedengan Kidul, Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (4/9/2024). FOTO: Kodim Pasuruan

PASURUAN-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Dandim 0819/Pasuruan Letkol (Arh) Noor Iskah, S.T mendampingi Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, M.A., dalam acara peresmian TNI Manunggal Air di Dusun Sedengan Kidul, Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (4/9/2024).

Kegiatan ini menandai keberhasilan proyek penyediaan air bersih melalui sumur bor yang dibangun atas kerjasama antara Kodim 0819/Pasuruan dan perusahaan Cheil Jedang Indonesia (CJI).

Kemenkumham Bali

Sumur bor yang diresmikan ini memiliki kapasitas 5.300 liter dan telah selesai dibangun dalam waktu kurang dari tiga bulan, yaitu sejak 17 Mei hingga 18 Agustus 2024.

Sumur ini kini dapat dinikmati oleh 178 kepala keluarga (678 jiwa) di Dusun Sedengan Kidul serta menyediakan air bersih untuk tiga mushala dan satu masjid di wilayah tersebut.

BACA JUGA  Kunjungan Perdana Jokowi Bikin Sedih Kepala Adat Besar Dayak Paser

Mak Aning, seorang warga setempat yang sehari-hari berjualan rujak, menyatakan rasa terima kasihnya kepada Kodim 0819/Pasuruan dan PT CJI atas bantuan yang diberikan.

“Dulu saat musim kemarau, Dusun Sedengan Kidul selalu kekurangan air bersih. Sekarang, berkat sumur bor ini, kebutuhan air bersih kami tercukupi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, M.A., menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT CJI atas kontribusinya dalam pembangunan sumur bor ini.

Pangdam berpesan agar warga setempat menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Selain peresmian sumur bor, acara ini juga diisi dengan kegiatan pemberian bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada perwakilan warga sekitar oleh Pangdam V/Brawijaya, Danrem 083/Baladhika Jaya, dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan. Rangkaian acara ditutup dengan peninjauan langsung ke lokasi sumur bor oleh rombongan.

BACA JUGA  PT CPI Kirim Perdana Jagung ke Surabaya

Dandim 0819/Pasuruan disela-sela kunjungan tersebut menyampaikan peresmian TNI Manunggal Air di Dusun Sedengan Kidul oleh Pangdam V/Brw mencerminkan sinergi antara TNI, pemerintah daerah, dan sektor swasta dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.(Acz/02)