Hemmen

Awan Hujan Terdeteksi BMKG di Sejumlah Kota Besar Indonesia

FOTO ARSIP - Suasana di kawasan Taman Alun-Alun Kapuas yang diselimuti awan gelap dan cuaca mendung di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (7/11/2022). BMKG Kalimantan Barat memprakirakan masih ada potensi terjadinya hujan ringan hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat pada 7 November hingga 10 November 2022. FOTO:dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Pertumbuhan awan hujan yang berpeluang mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia, Senin (4/9/2023) terdeteksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Prakirawan BMKG, Bagas Berliano dalam program update prakiraan cuaca yang diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta mengatakan angin yang berembus di wilayah Indonesia masih didominasi angin dari arah timur hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km per jam.

Kemenkumham Bali

“Pertumbuhan awan hujan terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara dengan suhu udara di kota besar antara 17 hingga 34 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 35 hingga 100 persen,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat perlu mewaspadai potensi angin kencang di sebagian wilayah Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

BACA JUGA  Kemenkes: Omicron BF.7 Pemicu Lonjakan COVID-19 di China Terdeteksi Masuk Indonesia

Sementara itu, prakiraan cuaca di Pulau Sumatera dari wilayah Padang dan Tanjungpinang, cenderung berawan. Banda Aceh berawan tebal, Pekanbaru berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Medan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas lebat. Sedangkan wilayah Bandar Lampung, Palembang, dan Pangkalpinang cerah berawan.

“Waspadai potensi hujan disertai petir yang berpeluang melanda wilayah Jambi,” katanya.

Prakiraan cuaca di wilayah Jawa secara umum kondusif. Kota Surabaya, Jakarta, Semarang, Serang, dan Bandung cerah berawan, sedangkan Yogyakarta berpotensi kabut.

Prakiraan cuaca di wilayah Bali dan Nusa Tenggara relatif kondusif dengan situasi cerah dan berawan di Kupang, Mataram, dan Denpasar.

Selanjutnya untuk wilayah Kalimantan dan Samarinda, kata Bagas, cuaca cenderung cerah berawan. Sementara Pontianak, Palangkaraya, dan Banjarmasin diselimuti oleh asap.

BACA JUGA  BMKG Himbau Warga Pesisir Waspada Gelombang Tinggi Sejumlah Wilayah

Prakiraan cuaca untuk wilayah Tanjung Selor berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

BMKG memprakirakan wilayah Sulawesi umumnya cerah berawan, termasuk di Kota Manado. Hujan ringan berpeluang mengguyur sebagian wilayah Mamuju.

Prakiraan cuaca di wilayah timur Indonesia secara umum berpeluang hujan ringan di wilayah Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura, kata Bagas Berliano. (02/Ant)