Hemmen
Berita  

BMKG Memperkirakan Bahwa Mayoritas Kota Besar di Indonesia akan Diguyur Hujan

Dok.Istimewa

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa sebagian besar kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan dengan suhu udara antara 18 hingga 34 derajat Celcius dan kelembapan udara berkisar antara 60 hingga 100 persen.

Prakirawan BMKG, Kania Mustikawati menjelaskan bahwa peningkatan curah hujan terjadi di wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa, dan Kalimantan karena adanya peningkatan Monsun Asia belakangan ini.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Dilaporkan dari Antara News, Kamis (1/2), angin di wilayah utara berasal dari timur laut, sementara di selatan berasal dari barat dengan kecepatan 10 hingga 50 kilometer per jam.

Masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap gelombang laut tinggi, terutama di wilayah Kepulauan Sangihe, Talaut, dan Samudera Pasifik utara Halmahera, yang dapat mencapai ketinggian 2,5 hingga 4 meter.

BACA JUGA  Ribuan Orang Antre Semalaman Demi Tiket Indonesia U-23 vs Vietnam

Berdasarkan prediksi BMKG, cuaca di Pulau Sumatra umumnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, terutama di kota-kota besar seperti Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, dan Jambi.
Kota-kota seperti Bengkulu, Bandar Lampung, Palembang, dan Pangkal Pinang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir. Sementara itu, Banda Aceh diprediksi akan mengalami cuaca cerah berawan.

Di Pulau Jawa, mayoritas kota besar dapat mengalami hujan sedang hingga lebat, kecuali Jakarta yang diperkirakan akan berawan tebal.

Untuk Kepulauan Lesser Sunda atau Sunda Kecil, prakiraan cuaca menunjukkan adanya hujan ringan di ketiga ibu kota provinsi di wilayah tersebut.

Di Pulau Kalimantan, hanya Pontianak yang berpotensi mengalami hujan petir, sementara kota-kota besar lainnya berpotensi diguyur hujan ringan.

BACA JUGA  Bupati Asahan Lantik Pejabat PTP-Administrator-Pengawas Lingkup Pemkab

Berlanjut ke Pulau Sulawesi, prakiraan cuacanya bervariasi. Gorontalo, Mamuju, dan Makassar berpotensi mendapat hujan ringan; Kendari dan Palu berpotensi hujan sedang; sementara Manado berpotensi hujan lebat.

Kota-kota besar di Indonesia bagian timur secara umum diprakirakan mengalami hujan ringan hingga sedang.(03)

Barron Ichsan Perwakum