Disbudpar Dukung Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI di HPN 2023 di Sumut

Kadisbudpar Sumut, Zumri Sulthony, saat menerima kunjungan audiensi Pengurus SMSI Sumut dan Panitia HPN 2023 SMSI, di Kantor Disbudpar Sumut, Jalan RS Haji Medan, Rabu (5/10/2022). FOTO: dok.SMSI Sumut

MEDAN, SUDUTPANDANG.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) yang digelar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam rangkaian menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Sumut, 4-6 Februari mendatang.

Hal itu disampaikan Kadisbudpar Sumut, Zumri Sulthony, saat menerima kunjungan audiensi Pengurus SMSI Sumut dan Panitia HPN 2023 SMSI, di Kantor Disbudpar Sumut, Jalan RS Haji Medan, Rabu (5/10/2022).

IMG-20220125-WA0002

Hadir dalam kunjungan itu Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, Wakil Ketua Agus S Lubis, Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, Sekretaris Benny Pasaribu, Wakil Sekretaris Irwan Manalu dan Ketua SMSI Kota Medan, Bobby O Zulkarnaen dan panitia lainnya, Ayu Kesumaningtyas.

Didampingi Kabid Bina Objek dan Usaha Pariwisata, Maike Moganai Ritonga, Zumri Sulthony mengatakan apresiasinya atas atensi SMSI yang mengangkat Geopark Kaldera Toba sebagai kegiatan utama dalam rangkaian kegiatan HPN 2023.

“Tentu ini sangat kami apresiasi, dimana inilah memang yang menjadi tujuan kita yang utama, mendukung keberadaan Geopark Kaldera Toba, sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG), atau penghargaan dan predikat sebagai taman warisan bumi yang diberikan UNESCO-PBB ke Sumut,” katanya.

Zumri Sulthony, yang juga General Manager Badan Pelaksana Geopark Kaldera Toba (BP-GKT), mengatakan saat ini fokus utama pihaknya adalah melaksanakan 6 rekomendasi UNESCO untuk pengembangan GKT.

“Keenam rekomendasi tersebut, juga untuk kesiapan kita mengikuti revalidasi GKT. Sebab setiap 4 tahun sekali, predikat kita sebagai UGG dievaluasi UNESCO. Tentu dengan dukungan sahabat-sahabat SMSI, pengerjaan enan rekomendasi ini semakin mudah ,” kata Zumri.

Sebelumnya, Ketua Panitia HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, mengatakan Ekspedisi GKT adalah salah satu kontribusi SMSI untuk turut mendukung pembangunan Sumut yang bermartabat.

“Kami melihat GKT ini sangat potensial dikembangkan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Sumut, khususnya di daerah-daerah yang berada di kawasan Danau Toba,” katanya.

Ia menyebutkan sedikitnya 150 pengurus dan utusan SMSI Pusat dan 34 Provinsi, akan ikut ambil bagian sebagai peserta dalam Ekspedisi GKT, 4-6 Februari 2023 tersebut, yang mengunjungi geosite-geosite GKT.

“Semua berkomitmen untuk ikut mendukung dan mengembangkan GKT ini,” kata Erris.

Sebelumnya Ketua SMSI Sumut, Zulfikar Tanjung, mengatakan rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut, merupakan agenda SMSI Pusat yang pelaksanaannya didelegasikan ke SMSI Sumut.

“Sehingga yang menjadi harapan kita bersama, terwujud sinergitas yang saling menguatkan, saling mendukung untuk pengembangan GKT yang telah menjadi bagian dari UGG,” kata Zulfikar. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.