Hemmen

ICMI Apresiasi Presiden Jokowi yang Konsisten Bela Palestina

ICMI Apresiasi Presiden Jokowi yang Konsisten Bela Palestina
Jubir yang juga Direktur Eksekutif ICMI, Andi Irman bersama Presiden Jokowi. (Foto:Dok.Instagram @andiirman)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengapresiasi sikap tegas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang konsisten membela Palestina dan menolak pernyataan Perdana Menteri Israel tentang meniadakan eksistensi negara Palestina pasca perang Gaza.

“Sikap Presiden Joko Widodo sudah benar, dan itu sejalan dengan sikap ICMI serta seluruh masyarakat Indonesia yang menginginkan kemerdekaan mutlak bagi Palestina,” ujar Juru Bicara dan juga Direktur Eksekutif ICMI, Andi Irman dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Andi juga mengapresiasi ketegasan Presiden Jokowi yang memerintahkan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, untuk menyampaikan sikap tegas agar Israel mematuhi perintah Mahkamah Internasional atau International Justice Court (IJC) agar Israel melakukan tindakan apa pun untuk menghentikan genosida di Gaza dalam sidang putusan sela yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel.

BACA JUGA  Surat Terbuka OC Kaligis ke Jokowi Ungkap Nasib Mary Jane dan Merry Utami

“Tidak ada pilihan, jika Israel masih menghormati hukum Internasional maka dia harus mematuhi putusan itu,” tegas Andi Irman.

Menurut Andi, jika nanti Israel tetap bersikukuh dengan meneruskan berbagai pelanggaran kemanusiaan di Palestina, maka sudah saatnya negara-negara lain bertindak tegas karena secara tak langsung sudah mencoreng kehormatan mereka.

“Dunia harus bertindak, mulai dari negaranya masing-masing dengan mengembargo kepentingan Israel di negaranya. Indonesia sudah tegas, Presiden memerintahkan tidak boleh ada kapal Israel masuk ke wilayah Indonesia,” pungkas Andi.

ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia.

ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.(PR/01)

Barron Ichsan Perwakum