Hemmen

Jelang Idul Fitri, Forkopimda Asahan Sidak Pasar

Forkopimda Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada Selasa, (11/4/2023) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar-pasar menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah. FOTO: Diskominfo Asahan

ASAHAN, SUDUTPANDANG.ID – Forkopimda Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, pada Selasa, (11/4/2023) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar-pasar menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sidak dilakukan ke pasar Pajak Kartini, Pajak Diponegoro, Gudang Bulog, Kilang Padi Petani dan Kilang Padi Kisaran untuk memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok menjelang berakhirnya Ramadhan 1444 Hijriah.

Ikut dalam sidak itu perwakilan Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS (mewakili), Kajari Asahan (mewakili), Kadis Perhubungan, Kadis Kopdag, Kadis Kominfo, Kadis Ketapang dan Bulog.

“Kami sengaja melakukan sidak di pasar tradisional untuk memantau stabilitas pasokan dan harga pangan serta mengetahui langsung ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat pedagang”, kata Bupati Asahan yang diwakili Asisten Ekbang Oktoni Erianto saat melaksanakan sidak di Pajak Kartini, Selasa, (11/4).

BACA JUGA  Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Ini Pesan Bupati Asahan

Asisten Ekbang juga mengatakan dari hasil sidak diketahui ketersediaan sembilan bahan kebutuhan pokok mencukupi dan harga relatif stabil meskipun ada beberapa kebutuhan pokok yang naik tapi tidak dalam nilai yang signifikan.

Harga bahan pokok yang cukup stabil di antaranya beras, telur, minyak curah, daging ayam dan daging sapi, demikian juga dengan harga sayuran relatif stabil dari harga sebelumnya.

“Informasi dari pedagang, harga beras masih stabil juga telur, daging ayam juga daging sapi. Harapan kami, harga tetap stabil hingga menjelang Idul Fitri nanti,” katanya.

Ia mengatakan, harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat karena sesuai hukum pasar jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik.

BACA JUGA  Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Asahan Gelar Rapat Kerja

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong, karena apabila permintaan banyak dan barang kosong maka harganya akan naik dan susah mendapatkan barang,” kata mantan Kadis Pertanian itu.

Sementara Kadis Kopdagin Drs. Ilham menjelaskan, untuk harga kebutuhan pokok dari hasil pantauan minggu ini, relatif stabil dan masih normal seperti Beras Premium Rp13.500/ kg, Beras Medium Rp12.000/kg.

Harga Daging Ayam broiler Rp20.000/kg, Ayam Kampung Rp50.000/kg, Daging Sapi Rp130.000/kg, Daging Kambing Rp130.000/kg, Telur Ayam Rp28.000/kg, Cabai merah besar Rp25.000,-/kg, Cabai Rawit Rp18.000/kg, Bawang Merah Rp30.000/kg, dan Bawang Putih Rp32.000/kg.(MA/02)

 

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan