Hemmen
Hukum  

Kantor Risma Digeledah KPK Saat Rapat, Begini Penjelasan Kemensos

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di gedung Kementerian Sosial (Kemensos) Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, pada Selasa (23/5/2023).
Penyidik KPK melakukan penggeledahan di gedung Kemensos, Selasa (24/5/2023) Foto:Erfan SP

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di gedung Kementerian Sosial (Kemensos) Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, pada Selasa (23/5/2023). Saat penggeledahan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sedang rapat.

Stafsus Mensos bidang Komunikasi dan Media Massa, Don Rozano Sigit Prakoeswa membenarkan soal penggeledahan penyidik KPK di gedung kementerian yang dipimpin Tri Rismaharini tersebut.

Don Rozano menyebut penggeledahan KPK terkait kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

“Memang benar tadi ada penyidik KPK yang datang ke Kementerian Sosial mulai jam 10.00 -18.00 WIB. Terkait dengan pekerjaan penyaluran bansos beras untuk KPM PKH tahun 2020,” kata Stafsus Don Rozano dalam keterangannya di Kemensos, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

BACA JUGA  Soal Kasus Formula E, OC Kaligis Sarankan Ini ke KPK

Ia menyebut petugas KPK menggeledah ruangan Sesditjen Dayasos atau Ditjen Dayasos. Penyidik turut meminta sejumlah dokumen kepada Kemensos terkait penyaluran bansos yang terjadi pada 2020.

“(Yang dibawa penyidik) Apa aja yang diminta KPK, dokumen dan apa aja yang diminta KPK. Rasanya ada notebook. Ya kita kooperatif aja. Jadi yang dipakai tahun itu, pasti KPK tahu juga mekanisme soal ini notebook tahun berapa,” ungkap Rozano.

Rozano mengatakan, tim penyidik KPK juga sempat menemui Mensos Tri Rismaharini. Mereka menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya ke Mensos yang akrab disapa Risma itu.

“Tadi tim datang ke Kementerian Sosial untuk menemui Bu Menteri untuk datang menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tersebut. Kami menyambut dengan baik dan kami memberikan secara kooperatif dan kami memenuhi permintaan-permintaan yang dilakukan oleh tim penyidik dari KPK Indonesia. Kemudian tadi jam 6 kira kira mereka dari teman-teman KPK pamit ke Bu Menteri dan berterima kasih atas sikap kooperatif kami atas proses yang dilakukan mereka hari ini,” terang Rozano.

BACA JUGA  KPK Eksekusi Penyuap Bupati Kuansing ke Lapas Sukamiskin

Ia menambahkan, saat tim KPK tiba di Kemensos, Mensos Risma saat itu sedang rapat. Kemudian penyidik antirasuah diantarkan ke ruangan yang akan digeledah.

“KPK ketemu Bu Mensos kemudian langsung diantarkan rekan-rekan kami yang waktu itu lagi meeting sama Bu Mensos kemana mereka mau. Sampai sana ya udah mereka melaksanakan tugasnya dengan baik. Bu Mensos pamitan, mereka juga pamitan,” jelas Rozano.(Erfan/01)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan