Ketertiban Penumpang Angkutan Laut Saat Natal dan Baru Meningkat

Penutupan Posko Nataru
Penutupan Posko Nataru di Kemenhub Jakarta/dok.Kemenhub

Jakarta, SudutPandang.id-Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko menyebutkan, terdapat beberapa catatan positif dalam kegiatan Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini.

Di antaranya meningkatnya ketertiban penumpang, semakin banyak operator kapal yang menerapkan sistem e-ticketing serta ruang tunggu dan fasilitas untuk penumpang di pelabuhan sudah tersedia dengan cukup.

IMG-20220125-WA0002

“Sedangkan beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian dan perbaikan di antaranya terkait keterlambatan/pembatalan keberangkatan kapal yang disebabkan cuaca buruk serta pengawasan dan sosialisasi keselamatan terhadap kapal-kapal wisata lebih ditingkatkan untuk meminimalkan kecelakaan kapal,” ujar Capt. Wisnu Handoko, usai penutupan Posko Nataru di Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Menurut Capt. Wisnu, penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru adalah tugas mulia bagi seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut dan instansi terkait. Seluruh jajaran mulai dari Pejabat Eselon II, III dan IV serta staf telah terjun langsung ke daerah-daerah selama periode penyelenggaraan Posko sesuai Instruksi Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut.

“Pemantauan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa berbagai permasalahan terutama terkait kenaikan jumlah penumpang dan ketersediaan kapal dapat ditangani dengan baik serta memastikan bahwa kapal tetap diberangkatkan dalam kondisi laik laut,” pungkas Capt. Wisnu.(bmg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.