Hemmen

Korban Longsor Natuna Dibangunkan Kementerian PUPR Rumah Gratis

Sejumlah petugas SAR gabungan melakukan proses evakuasi jenazah korban tertimpa longsor di Kampung Molon, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (9/3/2023). (FOTO ANTARA/Teguh Prihatna/foc/aa)

BATAM, KEPRI, SUDUTPANDANG.ID – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan mendirikan rumah gratis bagi korban bencana longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna.

“Untuk relokasi rumah, lokasinya sudah dipetakan dan tim dari Kementerian PUPR sudah turun ke lokasi bersama Pak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono,” katanya di Batam, Jumat (10/3/2023).

Ia menjelaskan bantuan rumah itu akan diberikan gratis bagi warga yang rumahnya hancur akibat longsor dan warga yang rumahnya di dekat lokasi setempat.

“Karena mereka pasti tidak akan berani lagi ke rumah lamanya, karena memang membuat trauma masyarakat di sana,” katanya.

Namun, kata dia, menjelang pembangunan rumah gratis dari pemerintah itu selesai, warga yang terdampak bencana bisa menumpang terlebih dahulu di rumah saudaranya atau kerabat lainnya di daerah itu.

“Mudah-mudahan bisa segera dibangun dan delapan hingga sembilan bulan ke depan bisa selesai. Rumah yang akan dibangun rencananya tipe 36 dengan luas tanah 90 meter,” katanya.

Selain pembangunan rumah untuk korban bencana longsor itu, gubernur menyebutkan bahwa infrastruktur lainnya juga segera dibangun, seperti jalan dan fasilitas umum yang dibutuhkan warga.

“Saya harap itu bisa membangkitkan semangat bagi masyarakat di Serasan. Saya dalam waktu dekat juga akan berkunjung lagi ke sana,” kata Ansar Ahmad. (02/Ant)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan