Hemmen

Manfaat Minum Kelapa Muda saat Buka Puasa

Kelapa muda
Kelapa muda/istimewa

SUDUTPANDANG.ID – Kelapa muda merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dan cukup terjangkau bahkan punya banyak varian olahan yang bisa dipilih.

Kelapa muda menyimpan banyak manfaat yang lebih baik jika dijadikan minuman untuk berbuka puasa. Meski minuman kelapa terkesan simpel, air kelapa memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi dehidrasi.

Kemenkumham Bali

Berikut Keunggulan Air Kelapa sebagai Minuman Berbuka:

1. Mengembalikan tubuh dari dehidrasi dengan cepat

Bukan hanya rasanya yang segar dan menghilangkan dahaga dengan cepat, kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit tinggi dan terdiri dari 94% air ini yang mudah menggantikan cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi selama puasa, lebih baik dari air putih.

2. Mendinginkan perut

BACA JUGA  IDI Dorong Perhitungan Formasi Kebutuhan Dokter Spesialis di Daerah

Kelapa muda adalah minuman sangat baik menetralkan asam lambung ketika perut kosong. Akan lebih baik jika perut tidak langsung diberi makanan berat, dan air kelapa muda adalah yang paling tepat memberikan kenyamanan perut tepat saat berbuka puasa.

3. Nutrisi lengkap

Tidka seperti takjil lain yang mengandung gula tinggi, kelapa muda relatif mengandung kalori yang rendah dengan gula yang sedikit, namun tinggi gizi mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin C, magnesium, kalium, sodium bahkan kalsium.

4. Sehat untuk penderita diebetes

Kelapa muda adalah pilihan minuman yang aman untuk penderita diebetes yang berpuasa. Karena kandungan gulanya yang alami namun tidak memicu insulin tinggi. Penelitian dari jurnal PubMed Central menemukan bahwa air kelapa mampu menurunkan kadar gula darah dan menigkatkan kesehatan tubuh seara umum.

BACA JUGA  Satgas TMMD ke-119 Kodim 0819/Pasuruan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga

5. Menjaga berat badan

Karena kandungan airnya yang tinggi dan kalori rendah, mengonsumsi satu buah kelapa muda saja sudah sangat mengenyangkan dan menahan perut kenyang lebih lama sebelum makan makanan berat lain saat berbuka. Dan karena inilah kelapa muda bisa menjaga berat badan selama Ramadan.(06/berbagai sumber)