20220515-194809-0000

Mesir Susah Payah Dampingi Nigeria ke Babak 16 Besar

  • Bagikan
Mohamed Abdelmonem merayakan gol usai menjebol gawang Sudan dalam laga terakhir penyisihan Grup D Piala Afrika 2021. (Foto : Twitter 442 Ghana @442GH)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Gol tunggal Mohamed Abdelmonem di Stadion Ahmadou Ahidjo, membawa Timnas Mesir untuk menyusul Nigeria ke babak 16 besar Piala Afrika 2021. Pasukan Carlos Queiroz itu melaju sebagai runner-up Grup D, usai mengalahkan Timnas Sudan 1-0, Kamis (20/1/2022) dinihari WIB.

Tambahan tiga angka itu, menempatkan Timnas Mesir di urutan kedua babak penyisihan Grup D. Dengan torehan enam poin, skuad Queiroz itu unggul 5 angka dari Sudan dan Guinea-Bissau di posisi dua terbawah. Sementara Nigeria yang sudah memastikan tempat di babak 16 besar lebih dulu, menyelesaikan penyisihan sebagai juara Grup D dengan angka sempurna, usai menekuk Guinea-Bissau 2-0.

IMG-20220125-WA0002

Lolosnya Timnas Mesir ke babak 16 besar Piala Afrika 2021, sejatinya bukan hal yang mudah. Mereka mengawali turnamen dengan kekalahan 0-1 kontra Nigeria. Selanjutnya, Mohamed Salah dan kolega hanya menang tipis 1-0 atas Guinea-Bissau di laga kedua. Beruntung, Mesir bisa memastikan tempat ke babak 16 besar, berkat kemenangan tipis 1-0 atas Sudan. Gol itu pun lahir bukan dari aksi seorang Salah.

adalah Abdelmonem yang sukses mencetak gol tunggal Mesir, lewat tandukannya di menit ke-38. Padahal, Abdelmonem baru saja pulih dari cedera. Tidak heran jika Queiroz memuji performa sang pemain. “Saya pikir sulit bagi seorang pemain bisa bermain seperti itu dengan kondisi yang tidak sepenuhnya bugar. Tapi saya senang untuk apa yang sudah ditunjukkan Abdelmonem di laga kali ini,” puji pelatih asal Portugal tersebut.

Di babak 16 besar nanti, Timnas Mesir akan bertemu juara Grup E yang dihuni Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa, Sierra Leone, dan Aljazair. Bek Timnas Mesir Ahmed Hegazy menilai bahwa Piala Afrika kali ini, tidak mudah sehingga ia mengingatkan rekan setimnya untuk selalu waspada. “Tidak ada pertandingan mudah lagi di turnamen ini, jadi kami senang bisa lolos dan percaya kami hanya bisa menjadi lebih kuat,” katanya dikutip Sky Sports.

BACA JUGA  Salah Bawa Mesir ke Perempatfinal

Piala Afrika kali ini, sejatinya digelar pada Juli 2021 lalu. Namun diundur karena pandemi Covid-19 yang melanda sejumlah negara di belahan dunia. Walhasil, penyelenggaraan Piala Dunia 2021 baru bisa digelar pada Januari 2022 hingga Februari mendatang. (red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *