Hemmen
Bali  

Pangkas Antrean, Imigrasi Denpasar Lakukan Pemeriksaan di Atas Kapal Pesiar

Kapal Pesiar Pelabuhan Benoa Bali
ilustrasi Kapal Pesiar bersandar di Pelabuhan Benoa Bali (Foto: istimewa)

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – Untuk mempersingkat waktu dan memangkas antrean pada area kedatangan wisatawan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melakukan pemeriksaan di atas kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Tedy Riyandi, hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik guna memberikan rasa nyaman kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali yang melewati Pelabuhan Benoa.

“Untuk memudahkan penumpang kapal pesiar yang berlabuh, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar memberikan beragam fasilitas, salah satunya melalui program immigration on shipping yakni proses pemeriksaan keimigrasian yang dilakukan langsung di atas kapal selama berlayar menuju Indonesia,” ujar Tedy dalam siaran pers yang diterima Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA  Kanwil Kemenkumham Bali Perkuat Sinergi dengan Bandara Ngurah Rai

Tedy menjelaskan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melayani kedatangan tujuh kapal pesiar selama bulan November 2023 di Pelabuhan Benoa Denpasar.

Dari ketujuh kapal pesiar tersebut mengangkut penumpang sebanyak 8.445 Warga Negara Asing (WNA) dan 46 penumpang Warga Negara Indonesia serta membawa serta 4.743 awak kapal.

“Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melakukan proses pemeriksaan keimigrasian atau immigration clearance terhadap seluruh penumpang dan awak kapal yang bersandar di dermaga Benoa,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Rabu (6/12/2023).

Tedy menyebutkan bahwa kapal-kapal pesiar tersebut kebanyakan datang dari negara Singapura dan Australia.

“Ini merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya di Provinsi Bali,” ujar Tedy.

BACA JUGA  Ida Pandita Dukuh Celagi: Berlatih Sebelum Tertatih-tatih

Berdasarkan data, penumpang dari kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Benoa Denpasar didominasi turis asing yang berasal dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa.

“Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan yang terbaik di Pelabuhan Benoa Denpasar dalam menyambut turis-turis asing yang datang dengan menggunakan kapal pesiar, tentunya dengan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada di Pelabuhan Benoa,” pungkas Tedy.(tim)

Kesbangpol Banten