Hemmen

Pelindo Berhasil Sabet Dua Penghargaan dari Bisnis Indonesia

Pelindo
Pelindo meraih 2 penghargaan dalam gelaran TOP BUMN Awards 2023. The Best State Owned Enterprise In 2023 dan The Best CFO: Excellent In Enterprise Risk Management untuk Direktur Keuangan Pelindo Mega Satria.(foto:Dok Humas BUMN)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID –PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo sukses meraih dua penghargaan dari Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023,Kamis (30/11/2023).

Dua penghargaan yang diraih Pelindo adalah sebagai The Best State Owned Enterprise In 2023 serta The Best CFO: Excellent In Enterprise Risk Management yang didapat Direktur Keuangan Pelindo Mega Satria.

Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Perusahaan dalam melaksanakan transformasi atas penggabungan Pelindo I, II, III dan IV yang dilakukan efektif per tanggal 1 Oktober 2021.

Penggabungan Pelindo telah berhasil menciptakan sinergi dan optimalisasi kinerja Perusahaan dengan tetap memperhatikan manajemen risiko di seluruh lini Perusahaan.

Pelindo menerapkan berbagai langkah strategis dan terobosan untuk meningkatkan efisiensi dan penciptaan nilai dengan capaian Rp2,24 triliun sampai dengan semester pertama tahun 2023.

“Pencapaian tersebut sebagian besar berasal dari optimalisasi kas dan pendanaan yang termasuk di dalamnya pelunasan utang dipercepat sebesar Rp10,2 Triliun, standarisasi sistem, optimalisasi aset, sentralisasi pengadaan bersama serta inisiatif strategis lainnya,”jelas Mega dalam keterangannya.

BACA JUGA  Jorok! Sampah Organik Berceceran di Jalan Pasar Induk TU Kemang

Bahwa dengan adanya penggabungan Pelindo, Perusahaan mengalami peningkatan eksposur risiko sehingga perlu dilakukan pemetaan dan mitigasi risiko secara komprehensif.

Terkait dengan risiko keuangan, Pelindo kemudian melakukan berbagai langkah mitigasi termasuk percepatan pelunasan utang Perusahaan baik dalam Rupiah maupun valuta asing, peningkatan pendapatan atas pelayanan domestik dan internasional, efisiensi biaya, serta mengimplementasikan akuntansi lindung nilai atas arus kas.

Langkah lainnya adalah penerapan single ERP system dan implementasi digitalisasi proses keuangan untuk mendorong seluruh transaksi dilakukan secara cashless dan paperless secara bertahap di seluruh wilayah kerja Pelindo.

Penghargaan kedua yang diterima Pelindo yaitu The Best State Owned Enterprises In 2023, yang diterima oleh Hambra, Wakil Direktur Utama Pelindo.

Pelindo masuk dalam Top 10 Korporasi BUMN terbaik berdasarkan keputusan Dewan Juri setelah melakukan asesmen terhadap 20 Korporasi BUMN yang lolos kualifikasi dari 101 korporasi BUMN berdasarkan pada penilaian data laporan keuangan 2022, perhitungan TJSL dan pembobotan (weight average) besaran nilai return on asset (ROA), laba tahun berjalan tahun 2022), serta penggunaan dana TJSL.

BACA JUGA  Forwami Sukses Gelar Raker dan Dialog

“Hasil dari berbagai strategi yang kami lakukan, Pelindo berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp3,9 triliun (audited) untuk tahun buku 2022, tumbuh 23% dibandingkan 2021 lalu. Kinerja ini menjadi salah satu indikator hasil dari merger Pelindo melalui konsolidasi dan optimalisasi kapasitas finansial, operasional, komersial, serta sumber daya manusia sehingga menjadi lebih kuat dan terintegrasi,” kata Hambra.

Seiring dengan kinerja positif perusahaan, manajemen berkomitmen melaksanakan program TJSL untuk dapat memberikan dampak bagi komunitas di lingkungan pelabuhan.

“Aksi nyata yang telah dilaksanakan diantaranya peningkatan program dari PUMK dan Non PUMK tahun 2022 tercatat 51% lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Selain itu, Pelindo juga aktif melakukan program untuk mendukung lingkungan, pendidikan serta UMKM dan sejalan dengan bisnis perusahaan, misalnya melalui program Rehabilitasi Mangrove, pelatihan K3 bagi Komunitas Pelabuhan dan Gedor Ekspor UMK.

BACA JUGA  Dukung Pemerintah Gaspol Ekspor, IPC TPK Buka Layanan Baru ke India

Seluruh langkah tersebut dilakukan berbasis pada empat pilar pembangunan berkelanjutan yaitu sosial, ekonomi, lingkungan serta hukum dan tata kelola.(PR/04)

Kesbangpol Banten