Hemmen

Pemkab Lampung Timur Raih Penghargaan Anugrah Meritokrasi Tahun 2023

YOGYAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto menyerahkan penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 dengan predikat baik pada
Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriott Hotel. Kamis (07/12/2023).

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung TImur, Ir Moch Jusuf mewakili Bupati Lampung Timur.

“Pencapaian ini tidak lepas dari upaya dalam penataan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang semakin profesional. Pihaknya berupaya menempatkan pegawai di posisi yang tersedia berdasarkan latar belakang dan kemampuan yang dimiliki,” jelas Moch Jusuf.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Lampung Timur pada tahun ini kali pertama memperoleh Anugerah Meritokrasi dengan kategori “baik”, dalam penerapan sistem merit di lingkungan instansi pemerintah daerah, soal sistem merit terutama dalam kaitannya reformasi birokrasi. Kita melakukan menempatkan pegawai yang dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan dan kemampuannya, artinya kita sudah sesuai dengan sistem merit itu sendiri,” ungkap Moch Jusuf.

BACA JUGA  Pemkab Lampung Timur Gelar Puncak Resepsi HUT Korpri ke-52 Tahun 2023

Ia meyakini dengan menempatkan pegawai yang memiliki kemampuan sesuai dengan posisi yang ditempati mampu menghasilkan terobosan dan kebijakan yang tepat sasaran. Selain itu juga bermanfaat bagi percepatan dan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Oleh karenanya penguatan kebijakan dan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit menjadi sangat penting dalam upaya mendorong kinerja kita bersama,” terangnya.

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengapresiasi segenap instansi pemerintah yang telah berhasil mendapatkan predikat ‘Sangat Baik’ dan ‘Baik’ dalam mengimplementasikan sistem merit.

“Setiap instansi pemerintah harus memastikan sistem merit berjalan dan diawasi secara optimal dalam setiap kebijakan dan manajemen ASN melalui instrumen yang ada dan melalui digitalisasi, terutama untuk memastikan penataan karier ASN dapat berlangsung profesional.” ucap Anas.
“Kami juga mengharapkan komitmen pimpinan sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk mewujudkan manajemen ASN yang berbasis sistem,” tambahnya.

BACA JUGA  Rapat Paripurna DPRD Lampung Timur Bentuk 3 Pansus Bahas Raperda

Menurutnya, dengan penerapan sistem merit menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia. Hal tersebut sejalan dengan dua prioritas kerja Presiden Joko Widodo, yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan reformasi birokrasi.(ADV)

Kesbangpol Banten