Hukum  

Sah, Muhammad Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua MA

Ketua MA terpilih Dr.HM Syarifuddin, SH, MH/dok.MA

Jakarta, SudutPandang-Muhammad Syarifuddin terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 dalam pemilihan yang berlangsung di ruang Prof. Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung (MA) Senin, (6/4/2020).

Dalam pemilihan ketua yang disiarkan secara live melalui chanel YouTube MA, Wakil Ketau MA Bidang Yudisial berhasil memperoleh 22 suara, terbanyak dari enam calon lainnya.

IMG-20220125-WA0002

Dikarenakan belum ada yang mencapai jumlah suara sebesar 50 persen ditambah satu suara, maka pemilihan dilakukan kembali pada putaran kedua.

Pada pemilihan kedua ini, hanya diikuti M. Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro, yang memperoleh 14 suara pada putaran pertama.

Dalam pemilihan kedua tersebut, Syarifuddin meriah 32 suara, sementara Andi Samsan Nganro memperoleh 14 suara.

Dengan demikian Syarifuddin dinyatakan sah terpilih sebagai Ketua MA menggantikan Muhammad Hatta Ali yang memasuki masa pensiun.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimimpinan Ketua MA. Mulai hari ini berakhir sudah demokrasi kecil di MA. Mulai hari ini pula, saya harap tidak ada perbedaan pendapat, tidak ada dukung-mendukung di antara kita,” ujar Syarifuddin.(um)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.