Berita  

Spice Islands Indonesia Siap Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Rempah
Spice Island Indonesia salah satu stand di Pameran Rempah Jiexpo Kemayoran Jakarta/ist

Jakarta, SudutPandang.id-Di tengah menggeliatnya industri kuliner di Indonesia, berbagai acara seminar, pameran yang mengusung tema rempah-rempah terus mengemuka beberapa tahun terakhir. Fenomena ini seakan-akan membangkitkan kembali ingatan kolektif masyarakat pada kemasyhuran masa lalu Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah.

Salah satu gelaran terbilang luar biasa adalah Pameran Kekayaan Rempah Nusantara bertajuk ‘Perjalanan Rempah-Rempah Indonesia’ dalam Rakernas I yang juga HUT ke-74 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

IMG-20220125-WA0002

“Kami hadir mengisi acara pameran ini untuk mengingatkan kita semua bahwa Indonesia ini kaya akan rempah-rempah. Dulu VOC datang ke Indonesia untuk mengeksploitasi salah satu kekayaan alam kita yaitu rempah-rempah. Sekarang kita harus bisa menjadikan rempah-rempah ini kembali go internasional yang tentunya menghasilkan devisa untuk negara,” ujar dr. Sutandy, pemilik stand Spice Islands Indonesia kepada SudutPandang, Jumat (10/1/2020).

Menurut pria asal Bangka Belitung itu, agar rempah-rempah Indonesia kembali naik kelas, maka harus diolah dengan cara moderen. Moderenisasi tanpa menghilangkan rasa dan manfaatnya yang terkandung rempah tersebut.

“Seperti jagung ini, coba deh, ini rasanya sama persis seperti jagung segar, tanpa bahanpengawet,” katanya.

Ia juga menyebutkan beragam rempah di Indonesia merupakan salah satu komoditi yang luar biasa jika diolah dengan tepat.

“Harapan saya dengan adanya pameran ini, rempah-rempah kita kembali berjaya, baik di negeri sendiri maupun mancanegara,” harapnya.(rkm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.