JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sebanyak 33 orang dari 15 unit termasuk agen perjalanan dan industri perhotelan yang tergabung dalam delegasi promosi pariwisata Taiwan mengunjungi tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan.
Keterangan pers Pusat Informasi Pariwisata Taiwan di Jakarta, Rabu (23/4/2025) menyebutkan, promosi pariwisata tersebut berlangsung dari tanggal 20 hingga 26 April 2025.
Administrasi Pariwisata Taiwan juga menyelenggarakan Workshop “Pariwisata Taiwan 2025” pada 21 April 2025 di Jakarta.
Kegiatan ini untuk pertama kalinya menyajikan rangkaian lengkap kuliner klasik Taiwan, seperti bubble tea yang terkenal di dunia dan ayam goreng khas Taiwan yang telah bersertifikasi ramah Muslim.
Kegiatan ini juga menghadirkan pertunjukan sirkus seru, memadukan unsur kuliner khas Taiwan, DIY (Do It Yorself) kantong teh celup kreatif, DIY bros ubin bunga serta stiker IG dinamis bertema Taiwan. Hal ini untuk mendorong interaksi sosial agar lebih kreatif dan memberikan pengalaman baru yang berbeda bagi pengusaha lokal tentang pesona Taiwan.
Diharapkan promosi pariwisata yang menarik ini dapat meningkatkan interaksi antara pelaku industri pariwisata Taiwan dan Indonesia. Selain itu, dapat mendorong pengembangan produk wisata Taiwan yang beragam demi meraih pencapaian baru dalam kunjungan wisatawan Indonesia ke Pulau Formosa.
Disebutkan pula, Administrasi Pariwisata Taiwan telah mendirikan Kantor Pariwisata di Jakarta pada Februari 2024 lalu. Keberadaan kantor tersebut untuk mendampingi pelaku industri perjalanan di Indonesia dalam mengemas produk wisata Taiwan dan mengadakan seminar tematik guna meningkatkan minat masyarakat Indonesia berkunjung ke Pulau Formosa.
Pada 2024 jumlah wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Taiwan meningkat menjadi lebih dari 224.000 orang, naik 11,14 persen dibanding tahun sebelumnya. Meningkatnya kunjungan tersebut, menunjukkan ketertarikan yang semakin meningkat dari pasar Indonesia terhadap pariwisata Taiwan.
Khusus tahun ini akan diselenggarakan masing-masing satu konferensi Business to Business (B2B) di Jakarta, Surabaya, dan Medan, dan Administrasi Pariwisata Taiwan akan memperkenalkan berbagai sumber daya pariwisata terkini Taiwan, kebijakan visa dan insentif khusus serta menjelaskan lingkungan pariwisata yang ramah Muslim di Taiwan.

Setiap acara ditargetkan mengundang lebih dari 100 pelaku industri pariwisata setempat untuk meningkatkan pertukaran dan kerja sama pariwisata antara Taiwan dan Indonesia, khususnya untuk menarik wisatawan Muslim.
Indonesia sendiri memiliki populasi terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu ekonomi terkuat di ASEAN, dan populasi Muslimnya menduduki peringkat pertama di dunia. Dalam upaya menarik wisatawan Muslim, Taiwan secara aktif membangun lingkungan yang ramah Muslim.
Disebutkan pula bahwa Taiwan kembali meraih peringkat ketiga dalam kategori destinasi wisata non-OIC (Organisasi Kerja Sama Islam) pada Global Muslim Travel Index (GMTI) 2024.
Khusus untuk memperkuat citra, pada akhir 2024 Taiwan untuk pertama kalinya menunjuk bintang populer Indonesia, Mikha Tambayong Mahenra sebagai Duta Wisata Taiwan sehingga kiprahnya sebagai duta wisata diharapkan dapat membawa semangat dan pesona Taiwan lebih luas lagi ke pasar Indonesia.(01)