Tapanuli Utara Diguncang Gempa magnitudo 5,8

MEDAN, SUDUTPANDANG.ID – Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu 1 Oktober 2022 pukul 02.28.41 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut disebabkan oleh adanya patahan geser sesar Sumatra segmen renum.

IMG-20220125-WA0002

“Jadi patahan besar Sumatra ini terjadi menjadi beberapa segmen. Dan yang bergerak tadi pagi adalah segmen renun,” kata Kepala Pusat BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring.

Dwikorita juga mengatakan, dari hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatra segmen renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip ),” jelasnya.

Dwikorita mengatakan, BMKG juga terus memonitor gempa susulan yang diprediksikan dapat meluas hingga ke Danau Toba.

“Titik merahnya itu mengarah ke barat selatan. Tapi untuk sementara tidak terdeteksi ke arah sana (Danau Toba). Dari sebaran gempa susulan ini lebih konsentrasi ke wilayah Tarutung, Toru dan sekitarnya bukan mengarah ke Danau Toba untuk saat ini. Jadi dari sebaran ini tidak terdeteksi mengarah ke sana. Tapi kami terus memonitor,” ungkapnya.

Dwikorita juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dengan terus memperhatikan informasi resmi dari BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.