Hemmen

TMMD ke-119 Resmi Dimulai, Simak Pesan Dandim 0819 dan Pj Bupati Pasuruan

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 yang diselenggarakan Kodim 0819/Pasuruan

PASURUAN, SUDUTPANDANG.ID – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 yang diselenggarakan Kodim 0819/Pasuruan resmi dibuka.

TMMD ke-119 ini bertemakan “Darma Bhakti Percepatan Pembangunan Di Wilayah”

Kemenkumham Bali

Di bawah panasnya terik matahari tidak menyurutkan semangat para anggota TNI jajaran Kodim 0819/Pasuruan.

Tampak sejumlah personel upacara oembukaan TMMD ke-119 diantaranya anggota Kodim 0819/Pasuruan, Yonzipur 10, Pasukan Marinir, Satpol PP, Linmas, Kepolisian jajaran Polres Pasuruan Kota serta Mahasiswa Unmer Pasuruan.

Bertempat di alun-alun Ahmad Yani Grati, PJ Bupati Pasuruan Andriyanto secara simbolis menyerahkan alat kepada personel TNI, Polri, dan Linmas yang akan diterjunkan pada TMMD ke-119 kali ini, Selasa (20/2/2024).

Komandan Kodim 0819/Pasuruan, Letkol Arh Noor Iskak ST menerangkan sebanyak 150 personel TNI bersama 300 personel Polri, elemen Pemkab Tuban dan pemerintah desa diterjunkan pada TMMD ke-119 berlokasi di Desa Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan.

BACA JUGA  Tim Wasev Pusterad Kunjungi ke TMMD 119 Kodim 0819/Pasuruan

Lebih lanjut, personel gabungan akan menjalankan program, baik pembangunan fisik maupun non-fisik. Beberapa program fisik yang akan dikerjakan, yaitu pembuatan jalan paving sepanjang 1 kilometer dengan lebar 3 meter, pembangunan tembok penahan tanah (TPT), dan pemasangan gorong-gorong di 2 titik.

Pembangunan fisik diarahkan pada aspek yang menyentuh kepentingan masyarakat guna menunjang kegiatan ekonomi dan pertanian serta di tambah 20 titik RTLH/Rutilahu

Selain itu, juga disusun program non-fisik yang mampu menggugah kesadaran bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Beberapa program non-fisik yang disusun, di antaranya penyuluhan stunting, wawasan kebangsaan, kamtibmas dan lalu lintas, hingga pengobatan massal.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto menjelaskan bahwa kegiatan TMMD yang ke-119 merupakan program kolaborasi terpadu antara TNI bersama Pemkab Pasuruan dan Polri.

BACA JUGA  Kasad dan Pangdam Jaya Tinjau Karya Bakti Anak Sungai Krukut

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Termasuk meningkatkan aspek kemanunggalan TNI bersama rakyat,” harap Andriyanto.

Pj. Bupati Pasuruan memberikan apresiasi atas pelaksanaan TMMD ke-119 ini. Pemkab Pasuruan melalui dinas terkait siap memberikan dukungan selama berlangsungnya kegiatan ini.

“Program TMMD menjadi wujud pengabdian kepada masyarakat yang harus didukung oleh masyarakat,” terang Andriyanto.

Andriyanto mengatakan keterpaduan berbagai komponen tersebut akan mampu menyerap aspirasi dan kepentingan masyarakat. Peranan dan kerja sama lintas sektoral menjadi penentu keberhasilan TMMD ke-119.

“Tidak hanya itu, sinergitas dan kolaborasi hendaknya dapat terus dijaga pada berbagai program kegiatan lainnya. Karena tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Pasuruan, Polri, dan semua elemen masyarakat turut menyukseskan TMMD ke-119 yang akan digelar mulai 20 Februari-20 Maret 2024.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 23/Sukorejo-Pasuruan Bantu Petani Lakukan Penyemprotan Pupuk Daun

“InsyaAllah TMMD ke-119 TA 2024 dalam 30 hari kedepan selesai dengan maksimal,” tutupnya

Hadir pada Upacara Pembukaan TMMD kali ini, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo, Forkopimda Kabupaten Pasuruan bersama para pimpinan OPD terkait. (05)

Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H DPP Mahasi