Hemmen
Bali  

Trend Peningkatan WNA ke Bali Menuju Normal

Foto:Dok.Humas Direktorat Jenderal Imigrasi

“Melihat trend peningkatan WNA ke Bali, Saya akan mengupayakan solusi terbaik agar pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dapat berjalan dengan optimal melalui autogate.”

BALI, SUDUTPANDANG.ID – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Dewata, Kamis (12/1/2023).

Dalam kunker tersebut, Silmy Karim mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi dan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bali.

Selain memberikan pengarahan dan menggali aspirasi petugas di Kantor Imigrasi Denpasar serta Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, Silmy Karim juga mengecek pelayanan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Ia juga menyempatkan melihat data dari Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian. Selama tahun 2022 tercatat sebanyak 4.627.378 orang melintas (kedatangan dan keberangkatan) pada TPI Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Angka tersebut didominasi oleh kedatangan Warga Negara Asing (WNA) yang mencapai 2.176.004 orang atau 47 persen dari seluruh perlintasan. Jumlah tersebut sudah mendekati angka normal kedatangan WNA sebelum Pandemi Covid-19 pada tahun 2019 yang mencapai 3 juta kedatangan.

“Melihat trend peningkatan WNA ke Bali, Saya akan mengupayakan solusi terbaik agar pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dapat berjalan dengan optimal melalui autogate,” ujar Silmy Karim di sela-sela peninjauan fasilitas, sarana dan prasarana autogate di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Autogate merupakan layanan pemeriksaan dokumen keimigrasian berbasis teknologi ini berperan penting dalam efektivitas dan efisiensi alur kedatangan WNA.

“Imigrasi juga sedang berkoordinasi dengan Angkasa Pura terkait pengelolaan autogate di bandara. Urgensi swakelola autogate ini semakin terasa melihat naiknya angka perlintasan masuk-keluar Bali. Sejak tahun 2023, tercatat total 144.163 perlintasan, terdiri dari 127.847 WNA serta 16.316 WNI,” terang Silmy.

Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Imigrasi juga mengecek sarana dan prasarana serta alur keberangkatan dan kedatangan di TPI Bandara Ngurah Rai.

Selain memastikan proses pelayanan keimigrasian aman terkendali, ia juga menggali aspek-aspek dalam pelayanan yang masih bisa dimaksimalkan.

Fasilitas Autogate

Foto:Dok.Humas Direktorat Jenderal Imigrasi

Sebelumnya, Dirjen Imigrasi juga memantau fungsi autogate di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat (6/1/2023) lalu.

Silmy meminta agar fasilitas autogate berjalan dengan lancar meski lalu lintas dalam keadaan sepi atau low season.

Saat ini, autogate di Bandara Soekarno-Hatta dalam proses untuk diserahkan ke Imigrasi.

“Minggu depan saya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dalam rangka peningkatan layanan keimigrasian di airport serta membicarakan aturan mengenai masalah aset keimigrasian di bandara,” pungkas eks Dirut Krakatau Steel Tbk ini.(one/01)

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan