Hemmen

Unhan-Undira Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Program Studi Ekonomi Pertahanan (EP) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) bersama Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta, mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Implementasi Bela Negara Dalam Menyiapkan Diri untuk Membangun Indonesia", Rabu (24/5/2023) di Jakarta. FOTO: Undira 

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Program Studi Ekonomi Pertahanan (EP) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) bersama Universitas Dian Nusantara (Undira) Jakarta, mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Implementasi Bela Negara Dalam Menyiapkan Diri untuk Membangun Indonesia”, Rabu (24/5/2023).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (25/5) disebutkan kegiatan yang direncanakan oleh mahasiswa EP Unhan untuk mahasiswa Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Undira di kampus Cibubur itu, ternyata mendapat respon positif dari Rektor Undira Prof Dr Suharyadi, MS dan pimpinan kampus Undira pusat yang berlokasi di Tanjung Duren Jakarta Barat, sehingga pelaksanaannya menjadi kegiatan bersama kedua kampus tersebut dengan melibatkan seluruh mahasiswa Undira baik yang di kampus Cibubur maupun kampus pusat universitas yang memiliki motto “Light Your Future” itu.

Kemenkumham Bali

Hal itu menunjukkan komitmen yang kuat dari Rektor dan pimpinan Undira untuk menerangi masa depan mahasiswanya termasuk dengan bekal bela negara.

Karenanya, Tim EP Unhan pun menyiapkan Tim Pengajar terbaik dari mahasiswa pascasarjana termasuk 3 orang kolonel TNI, yaitu Kolonel (Czi) Cosmas MD, Pamen yang berkualifikasi sebagai guru militer dan pernah dikirim menjadi pelatih di Kamboja, dalam hal ini sebagai ketua panitia kegiatan.

Selain itu, ada Kolonel (Czi) Saiful Rahman, Widyaswara Badan Pendidikan dan Latihan Kemhan bertindak sebagai Koordinator Materi Bela negara, dan Kol (Kal) Charles Pasaribu dengan jabatan Asisten Pengkajian Dikma TNI, Kodiklat TNI, bertindak sebagai Koordinator Pemateri, didukung seorang mahasiswa berpangkat Letkol, seorang mahasiswa berpangkat mayor, mahasisa dari pegawai KPPU, BPKP serta para mahasiswa EP Unhan yang sudah pernah merasakan dunia kerja untuk memberikan gambaran kepada adik-adiknya di Undira, apa yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti.

BACA JUGA  Menkominfo Dorong Studi Banding Penerapan e-Voting di Negara Lain

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Aula Kampus Undira, dihadiri oleh Rektor Universitas Dian Nusantara yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ir Margono Sugeng, M.Sc; Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Dwi Sapto Febriantaka, MBA; Wakil Rektor III Non Akademik Ir. Hasanuddin Thoyieb, MM.

Sedangkan dari Unhan dihadiri oleh Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si.,M.Tr(Han); Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum Fakultas Manajemen Pertahanan Brigjen TNI Dr. Sri Sundari, S.E., M.M.CiQaR; Kaprodi Ekonomi Pertahanan Kolonel Laut (E) Dr. Ir. Lukman Yudho Prakoso, SIP., MAP., CIQaR., M.Tr. Opsla., IPU., ASEAN Eng.; Kaprodi Ketahanan Energi Dr. Sri Murtiana, serta para dosen dari Unhan.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan Tridarma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan jiwa bela negara dalam segala bidang yang ditekuni demi membangun Indonesia Emas 2045.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor III Undira, Dwi Sapto Febriantaka, MBA.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas diberikannya kehormatan atas kedatangan dekan, dosen serta mahasiswa EP FMP Unhan dalam rangka PKM itu.

BACA JUGA  Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Dibuka Paling Lambat Awal 2022

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antarkedua lembaga secara strategis dengan kerja sama dan kolaborasi lainnya.

Diharapkan kegiatan itu tidak hanya meningkatkan nilai intelektualitas tetapi juga dapat membangun kesadaran demi kemajuan bangsa dalam menghadapi tantangan ke depan dalam membangun Indonesia.

Sedangkan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan berharap melalui Unhan Mengajar ini dapat memberikan pembelajaran yang bermanfaat baik untuk mahasiswa Undira maupun mahasiswa Prodi EP FMP Unhan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III Undira, Ir. Hasanuddin Thoyieb menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas diberikannya kehormatan atas kedatangan dekan, dosen serta mahasiswa Ekonomi Pertahanan FMP Unhan RI dalam rangka PKM yang luar biasa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antar kedua lembaga secara strategis dengan kerja sama dan kolaborasi lainnya,” katanya.

Diharapkan tidak hanya meningkatkan nilai intelektualitas tetapi juga dapat membangun kesadaran demi kemajuan bangsa dalam menghadapi tantangan ke depan dalam membangun Indonesia.

Sementara, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan, Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si.,M.Tr(Han) berharap melalui Unhan Mengajar ini dapat memberikan pembelajaran yang bermanfaat baik untuk mahasiswa Universitas Dian Nusantara maupun mahasiswa Prodi Ekonomi Pertahanan FMP Unhan RI.

Pada kegiatan Unhan Mengajar ini, mahasiswa pascasarjana Program Studi EP FMP Unhan menyampaikan materi tentang pentingnya memahami dan mengimplementasikan peran pemuda serta bela negara dalam kehidupan sehari-hari kepada mahasiswa Undira.

BACA JUGA  Lieus Sungkharisma Meninggal Dunia, PKS Kehilangan Seorang Pejuang

Mahasiswa S-2 Prodi EP Unhan juga mengajak dan memberikan dorongan kepada rekan-rakannya mahasiswa S-1 Undira untuk senantiasa meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dengan seluruh mahasiswa dan diakhiri dengan penutupan dan penyerahan cenderamata serta foto bersama dengan Wakil Rektor I, II, II Undira, Dekan dan Wakil Dekan FMP Unhan dan seluruh mahasiswa Unhan dan Undira.

Bertindak sebagai ketua panitia kegiatan PKM mahasiswa EP adalah Kolonel (Czi) Cosmas Manukallo Danga,SE yang menyampaikan penghargaannya kepada kurang lebih 200 mahasiswa S-1 Undira atas kehadiran dalam kegiatan tersebut.

“Mereka mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan sangat antusias, untuk kemudian bertekad mengembangkan diri dan mengimplementasikan bentuk bela negara demi masa depan Indonesia,” katanya. (PR/02)

 

Tinggalkan Balasan