Hemmen

Dekan FMP Unhan Buka Seminar Hasil KKDN SDM Mendukung Pertahanan Negara

Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan), Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han), secara resmi membuka Seminar Hasil Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan RI dengan tema "Manajemen Sumber Daya Nasional dalam Mendukung Pertahanan Negara" di Jakarta, Selasa (21/3/2023). FOTO: Humas Unhan

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan), Mayjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han), secara resmi membuka Seminar Hasil Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN)  Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan  dengan tema “Manajemen Sumber Daya Nasional dalam Mendukung Pertahanan Negara”.

Dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa (21/3/2023) disebutkan kegiatan itu berlangsung secara hybrid dari Kampus Pascasarjana Unhan di Jalan Salemba Raya No.14, Jakarta Pusat.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Dekan Unhan dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan Seminar Hasil KKDN ini merupakan lanjutan dari kegiatan KKDN sebagai bagian dari proses pembelajaran di Unhan, yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman kepada para mahasiswa, serta mengimplementasikan ilmu yang telah didapat untuk melakukan penelitian di bidang manajemen pertahanan, ekonomi pertahanan dan ketahanan energi.

“Sulawesi Selatan menjadi lokasi pertimbangan adanya wacana terkait pengembangan pengelolaan sumber energi terbarukan dalam rangka mendukung transisi energi menuju net zero emission 2060, menjadi alasan terpilihnya sebagai lokasi KKDN,” katanya.

BACA JUGA  Pangkohanudnas Terima Study Visit Mahasiswa S3 Unhan

Tidak hanya itu, kata dia, Sulawesi Selatan termasuk wilayah yang dilalui jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II merupakan jalur pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) dan dengan paradigma maritime/sea-based development sehingga harus dimanfaatkan dan diarahkan pada pertumbuhan ekonomi kawasan dan pembangunan wilayah guna mendukung pertahanan Indonesia dari ancaman militer maupun non-militer

Ia berharap presentasi dari narasumber dapat memberikan pemahaman yang komprehensif kepada peserta seminar dan membuka wawasan mengenai kemungkinan-kemungkinan di masa depan.

“Semoga Seminar Hasil KKDN 2023 ini dapat menjadi optimisme dan menghasilkan hasil nyata yang bermanfaat bagi sistem pertahanan nasional indonesia khususnya strategi, kebijakan yang sudah, sedang dan yang akan diambil oleh pemerintah dalam tata kelola sumber daya nasional untuk mencapai target dan juga capaian di masa mendatang, baik jangka panjang maupun jangka menengah,” kata Agus Winarna.

BACA JUGA  Unhan-Undira Gelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Dalam Seminar Hasil KKDN ini menghadirkan tiga pemateri dari mahasiswa FMP dan tiga penanggap yang mereview paparan yang dilakukan oleh mahasiswa.

Pemaparan pertama dari Reinpal Falefi, mahasiswa Program Studi  Manajemen Pertahanan yang memaparkan “Manajemen Pertahanan dalam Menjaga Keselamatan dan Keamanan Maritim dan Udara di Sulawesi Selatan”.

Disusul pemaparan kedua oleh Prayogi Aprilianto, dari Program Studi  Ekonomi Pertahanan yang memaparkan “Manajemen Pengelolaan Potensi Blue Economy Dalam Mendukung Pertahanan Negara”.

Sedangkan pemaparan ketiga dibawakan mahasiswa Karolus Evantino, berasal dari Program Studi Ketahanan Energi yang memaparkan “Pengaruh Industri Pengolahan Nikel dan Penyediaan Kebutuhan Listrik dari Sumber Energi Terbarukan terhadap PDRB Kabupaten Luwu Timur”.

Paparan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut ditanggapi oleh empat penanggap, yakni Dr M Ilyas, ST, M.Sc., IPU selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan; D. Tri Fenny Widayanti, S.H., M.H. selaku Dosen Universitas Hasanuddin; Prof Ir M. Sidik Boedoyo, M.Eng selaku Guru Besar Unhan dan Dr. Yudi Sutrasna, M.M. selaku Dosen Tetap Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan.

BACA JUGA  Upgrade Kapasitas SDM Desa, Prodi Ilmu Pemerintahan UNSUT Gelar PKM di Serang

Rangkaian acara dipandu oleh moderator Dr Sri Murtiana, S.Sos., M.M. dosen tetap Unhan dari Fakultas Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonomi Pertahanan diikuti oleh 117 orang via zoom, termasuk mahasiswa Pascasarjana Fakultas Manajemen Pertahanan 70 orang, 47 dosen pendamping, Sesprodi, Staf Prodi dari FMP Unhan. (PR/02)

 

Barron Ichsan Perwakum

Tinggalkan Balasan