Hemmen

Windy Cantika Juara Dunia Angkat Besi di Yunani

Windy Cantika Aisah raih juara dunia junior Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior/ IWF World Junior Championship (WJC) 2022 di Yunani. (Foto: dok PB PABSI)

YUNANI, SUDUTPANDANG.ID – Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah meraih dinobatkan sebagai juara dunia junior dengan meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior/IWF World Junior Championship (WJC) 2022 di Yunani, Selasa(3/4/22).

Tampil di kelas 49kg, Windy Cantika yang juga peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu, tak tertandingi lawan-lawannya, ia unggul dalam angkatan Snatch, Clean and Jerk, serta Total Angkatan. Pada angkatan snatch, Windy mencatat angkatan tertinggi 85kg, catatan angkatannya naik seberat 1kg dibanding ketika tampil di Olimpiade Tokyo. Di angkatan clean and Jerk, lifter asal Jawa Barat itu mencatat angkatan seberat 102kg, dengan total angkatan 185kg.

Medali perak untuk kelas ini diraih lifter India, Yadav Gyaneshwari dengan angkatan snatch seberat 73kg, angkatan clean and Jerk 83kg, serta total angkatan 156kg. Sedangkan medali perunggu juga diraih lifter India, Rithika V, dengan angkatan snatch 69kg, clean and Jerk 81kg, dan total angkatan 150kg.

BACA JUGA  Ponpes Minjurro FC Raih Juara Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 Wilayah Kodam Jaya

Keberhasilan Windy Cantika meraih gelar juara dunia sudah diprediksi sebelumnya oleh pelatih Dirja Wihardja sebelum berangkat menuju Yunani. “Dalam latihan sehari-hari total angkatannya bisa melebihi yang ia capai di kejuaraan dunia ini. Namun, saya tekankan agar ia tidak terlalu ngotot, karena setelah ini ia akan tampil di SEA Games Vietnam, ” papar Dirja Wiharja ketika dihubungi via WhatsApp.

Sebelumnya, lifter putri Indonesia lainnya, Najla Khoirunnisa yang tampil di kelas 45kg, menempati peringkat empat besar dunia. Di kelas ini, Najla Khoirunnisa mencatat angkatan snatch seberat 67kg dan clean and Jerk 81kg, serta total angkatan 148kg.

Meski menempati peringkat empat, Najla Khoirunnisa mampu memperbaiki catatan angkatan yang dibuatnya di Kejuaraan Dunia di Tashkent, Uzbekistan 2021 lalu, dengan angkatan snatch 64kg, clean and Jerk 80kg dan total angkatan 144kg. (red)

Kesbangpol Banten

Tinggalkan Balasan