Berita  

Yang Belum Tahu Obat Tradisional Kalimantan Ditunggu di JIExpo Kemayoran

Tunas Jaya
Salah satu stan Pameran Rempah PDI Perjuangan obat tradisional Kalimantan/ist

Jakarta,SudutPandang.id-Beragam hasil kekayaan alam dan produk olahan pangan seluruh Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pameran rempah-rempah dalam gelaran Rakernas I dan HUT Ke-47 PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, yang berlangsung sejak Jumat (10/1) sampai Minggu (12/1).

Salah satu stan yang menjajakan hasil kekayaan alam Kalimantan Barat juga tak luput dari perhatian pengunjung pameran. Stan Ajun Tunas Jaya, milik Phang Mui Jun, UMKM binaan Anggota Komisi VI DPR-RI Farksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto. Di tempat ini, terdapat obat tradisional alami asal bumi Borneo yang luar biasa manfaatnya untuk kesehatan.

IMG-20220125-WA0002

“Ada Bajakah, ada Bawang Dayak dan obat alami lainnya. Apa saja manfaatnya? datang ke stan saya nanti saya jelaskan. Yang belum tahu obat tradisional asal Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat ditunggu hari ini di JIExpo Kemayoran, Hall C M 26,” ujar Phang Mui Jun, saat ditemui di lokasi, Sabtu (11/1/2020) malam.

Selain itu, jelasnya, di stan nya juga terdapat hasil olahan minuman segar yang menyehatkan. Di antaranya, sirup Sengkit dan Plum, Lemo C dan lain-lain.

“Ada minuman segar sari jeruk fermentasi Nam Bong yang saya kasih merek “Pak Ajun Asli Putra Singkawang,” kata pria asal Singkawang yang biasa disapa Ajun ini.

Nambong
Salah satu olahan minuman sehat/ist

Ia menuturkan, keikutsertaan dalam pemeran tersebut untuk memeriahkan HUT ke-47 partai pimpinan Megawati Soekarnoputeri dan gelaran Rakernas 1. Ia menyebut even ini brilian untuk membuktikan bahwa kekayaan alam Indonesia memang sangat kaya.

“Menurut saya Luar biasa, kita dapat melihat olahan hasil kekayaan alam Indonesia khususnya rempah-rempah. Indonesia itu kaya, sehingga kita bisa berdikari secara ekonomi,” kata owner Ajun Tunas Jaya Tour ini.

“Ini juga sejalan dengan pesan yang selalu disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina YRKI Tambora Bapak Darmadi Durianto, yang senantiasa konsen terhadap pemberdayaan ekonomi kerakyataan, agar produk-produk UMKM naik kelas dan berdaya saing,” sambung Ketua Umum Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia (YRKI) Tambora itu.

Mengembalikan Kejayaan Rempah

Ajun Tunas Jaya
Anggota DPR-RI Darmadi Durianto (ketiga kiri) bersama Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (kedua kiri) dan pemilik stan Ajun Tunas Jaya, Phang Mui Jun (ketiga kanan)/ist

Di tempat yang sama, anggota DPR-RI Darmadi Durianto mengatakan, melalui pameran partai ingin mengembalikan kejayaan rempah Indonesia melalui inovasi industri. Sehingga diharapkan dapat mengembalikan kejayaan rempah-rempah.

“Kita ingin mengingatkan kembali bahwa Indonesia itu sangat kaya, salah satunya rempah-rempah. Semoga Mudah-mudahan, dan sepertinya ini pertama kali partai politik melakukan seperti ini. Jadi, kita ingin mengingatkan kembali bahwa rempah Indonesia sangat kaya raya dan banyak sekali di Indonesia,” kata Bendahara Umum Megawati Institute ini.

Akar Bajakah
Akar Bajakah Obat Tradisional Kalimantan

Ia berpandangan, rempah-rempah Indonesia mampu mengangkat kesejahteraan rakyat tanpa menghilangkan identitasnya. Kemudian, ilmu pengetahuan, riset, inovasi dan teknologi menjadi kunci untuk memakmurkan Indonesia secara berdikari.

“Melalui pameran ini juga kita kembali menyampaikan pesan Trisakti Bung Karno di era kekinian. Berdaulat dalam politik, Berdikari dalam ekonomi, dan Berkepribadian dalam kebudayaan,” pungkas legislator dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kep.Seribu) ini.

Bawang Dayak
Bawang Dayak Obat Tradisional Kalimantan

Pada pameran yang terbuka untuk umum tersebut, PDI Perjuangan menampilkan seluruh kekayaan rempah-rempah di Indonesia beserta pengelolaannya dengan teknologi termutakhir.

Pameran tersebut mengangkat tema ‘Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional’. Adapun sub temanya yakni ‘Strategi Jalur Rempah Dalam Lima Prioritas Industri Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari’.(rkm)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.