Pj Bupati Pasuruan Ajak Masyarakat Kuasai Teknologi di Era Digital

Upacara
Pj Bupati Pasuruan menggelar Upacara Bendera di Halaman Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti memperingati harkitnas (foto:Humas Pemkab Pasuruan)

PASURUAN, SUDUTPANDANG.ID – Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengajak masyarakat menguasai teknologi di era digital. Menurutnya, sebuah keniscayaan bagi masyarakat untuk menguasai teknologi yang terus berevolusi dan bertumbuh setiap hari. Perubahannya yang begitu cepat dalam dua dekade terakhir menjadi tantangan tersendiri untuk mengimbanginya. Di antaranya dengan terus berinovasi dan turut menjadi bagian dari era revolusi industri.

Ia menekankan tentang urgensitas penguasaan teknologi, terlebih di era disrupsi saat ini yang sangat identik dengan perkembangan teknologi digital yang begitu pesat di seluruh aspek kehidupan.

Kemenkumham Bali

Hal itu disampaikan Pj Bupati Andriyanto saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan di halaman Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (20/5/2024).

“Teknologi digital melesat jauh melampaui bayangan banyak orang dan menebas keterbatasan manusia. Setidaknya, tak terbayangkan dalam tiga dekade yang lalu. Jauhnya jarak lintas negara tidak lagi relevan. Sebaliknya, semuanya seperti mendekat berkat kecanggihan teknologi dan kehadiran visual yang menyempurnakan kehadiran suara,” jelasnya

BACA JUGA  Babinsa Sukorejo Dampingi Penerimaan Bantuan Benih Jagung

Andriyanto juga menggelorakan semangat kebangkitan berkelanjutan dalam membangun negeri. Hal itu selaras dengan tema peringatan Harkitas tahun ini yakni ‘Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas’.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Sekarang kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru dengan kemajuan teknologi sebagai penanda peradaban. Karenanya harus diimbangi dengan beragam inovasi teknologi untuk mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” ujar Andriyanto saat menjadi Inspektur Upacara.

Ia juga menjabarkan perihal bonus demografi yang justru menjadi potensi kekuatan dalam memajukan bangsa. Sehingga harus kian dimaksimalkan secara kolektif di berbagai lini dalam menghadapi tantangan di tengah derasnya kemajuan teknologi.

BACA JUGA  Heboh! Reyog Gagrak Magetan Turunkan Puluhan Barong Hibur Masyarakat

“Bonus demografi menunjukkan, 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.” jelasmua.

“Sebagaimana yang disampaikan Presiden Jokowi, peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 sampai 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Adagium di jaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban untuk menyongsong Indonesia Emas” sambungnya.

Di sisi lain Andriyanto juga memberikan nilai 99 untuk seluruh petugas upacara. Sebab telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

“Terima kasih dan saya ucapkan selamat kepada para petugas yang sangat baik dalam melaksanakan tugasnya pagi ini. Saya beri nilai 99,” ucapnya.

Ia menuturkan, kebangkitan kedua adalah merupakan momen terpenting yang harus disikapi dengan penuh optimis. Utamanya dalam rangka mendukung percepatan transformasi digital yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hingga Indonesia keluar dari middle income trap.

“Tantangan demi tantangan harus kita hadapi dengan keyakinan, optimis dan percaya diri. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa untuk menggerakkan roda transformasi dengan pasti,” ujarnya.

BACA JUGA  Dandim Pasuruan Serahkan Bantuan Pompa Air Kepada Gapoktan

Upacara Harkitnas ke-116 yang berlangsung khidmat ini diikuti oleh ratusan peserta upacara yang terdiri dari 1 SST Kodim 0819 Pasuruan, 1 SST Polres Pasuruan, 1 SST PGRI, 1 SST Pramuka dan 1 SST siswa/siswi SMA/SMK/MA.(acz/04)