Warga Desa Kedawung-Pasuruan Meriahkan HUT RI ke-79 Dengan Karnaval

Kedawung
Warga Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan karnaval pada Ahad (25/8/2024) yang juga dihadiri Babinsa TNI desa itu. FOTO: Kodim Pasuruan

PASURUAN-JATIM, SUDUTPANDANG.ID – Warga Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan karnaval yang berlangsung penuh semangat.

Acara yang berlangsung pada Ahad (25/8/2024) itu dimulai dari SDN 2 Kedawung Kulon ini diikuti oleh 35 kelompok dengan total peserta mencapai sekitar 500 orang.

Kemenkumham Bali

Kemeriahan acara ini semakin terasa dengan berbagai kostum unik dan kreativitas warga yang menunjukkan kecintaan mereka pada Tanah air.

Salah satu momen yang mencuri perhatian adalah penampilan replika anggota Babinsa dengan pakaian seragam lengkap, sebuah bentuk apresiasi dan kedekatan warga dengan TNI.

Replika tersebut dibuat dengan rinci yang sangat mirip, sebagai simbol hubungan harmonis antara masyarakat dan TNI.

BACA JUGA  27 BPD Sepakat Munas XVII HIPMI Digelar di Surabaya

“Ini adalah bukti nyata bahwa warga sangat menghargai peran Babinsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa,” kata Sertu Dedy K, Babinsa Kedawung Kulon, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ia juga menekankan pentingnya kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semangat gotong royong dan kebersamaan inilah yang harus terus kita jaga dan lestarikan. Karnaval ini bukan hanya hiburan, tetapi juga menjadi pengingat akan betapa pentingnya peran setiap elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI,” tambah Dedy K.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kades Kedawung Kulon, Iskak, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan.

BACA JUGA  Kapolres Pasuruan Salurkan Bantuan Pada Korban Banjir Demak

Tak ketinggalan, kehadiran para mahasiswa KKN dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang ikut berpartisipasi, menambah semarak suasana karnaval ini.

Dengan penuh suka cita, seluruh peserta dan undangan berbaur dalam kemeriahan, menjadikan karnaval ini sebagai salah satu momen berharga dalam perayaan HUT RI tahun ini.(Acz/02)