Dorong Program ODF, Koramil Sumberasih Dampingi Tim Verifikasi

ODF
Kodim 0820/Probolinggo melalui Koramil jajaran melakukan pendampingan dalam kegiatan verifikasi Open Defecation free (ODF) (Foto:Kodim 0820/Probolinggo)

PROBOLINGGO, SUDUTPANDANG.ID –Kodim 0820/Probolinggo melalui Koramil jajaran melakukan pendampingan dalam kegiatan verifikasi Open Defecation free (ODF) di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Kamis (29/8/2024).

Anggota Koramil 0820/06 Sumberasih, Koptu holidi mengatakan bahwa kegiatan verifikasi ODF merupakan proses untuk memastikan status ODF suatu komunitas, yang berarti bahwa komunitas tersebut secara kolektif telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Kemenkumham Bali

“Perilaku ini termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat karena dapat menyebarluaskan kontaminasi lingkungan, tanah, udara, dan air,” kata Koptu Holidi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/8/2024).

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantau perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan, yang sebelumnya masih kental dengan buang air besar sembarangan, dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas sanitasi.

BACA JUGA  Pemkab Sidoarjo Berikan Santunan ke Ratusan Warakawuri

“Dengan adanya kegiatan verifikasi ini, kami mengajak warga untuk sadar akan pentingnya hidup bersih dan sehat dengan kemauan untuk membuat WC atau jamban sehat di setiap rumah,” ujarnya.

Lanjut Koptu Holidi juga mengungkapkan kehadiran tim ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi petugas kesehatan lingkungan dan pemerintah desa untuk terus meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan adanya tim verifikasi yang datang langsung ke lokasi, diharapkan dapat menjadi pengingat bagi petugas untuk terus meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat serta memastikan bahwa semua desa benar-benar telah bebas ODF,” tuturnya.(ACZ/04)