Pastikan Keamanan VVIP IAF ke-2 dan HLF MSP 2024, TNI Gelar Simulasi ‘Tactical Floor Game’

Pastikan Keamanan VVIP IAF ke-2 dan HLF MSP 2024, TNI Gelar Simulasi 'Tactical Floor Game'
TNI menggelar simulasi pengamanan dengan metode Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Yudomo Prajaraksaka Kepaon, Denpasar, Bali, Jumat (30/8/2024).(Foto:Pendam Udayana)

DENPASAR, SUDUTPANDANG.ID – TNI menggelar simulasi pengamanan dengan metode Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Yudomo Prajaraksaka Kepaon, Denpasar, Bali, Jumat (30/8/2024).

Simulasi tersebut dilakukan untuk memantapkan TFG terkait pengamanan VVIP kegiatan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 tahun 2024.

Kemenkumham Bali

TFG dipimpin langsung Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis yang menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Pengamanan Terpadu (Pangkogabpadpam) bersama Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, selaku Kaops Polri.

Hadir para Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI dan Polri, instansi pemerintah serta pihak terkait lainnya.

Menurut Marsdya TNI M. Khairil Lubis, TFG diselenggarakan untuk dapat mengantisipasi setiap dinamika yang mungkin muncul selama HLF MSP dan Forum Tingkat Tinggi Indonesia Africa Forum (IAF), yang akan berlangsung 1-3 September 2024 mendatang.

BACA JUGA  Kakek Asal Australia Dideportasi Rudenim Denpasar

Ia menjelaskan, IAF merupakan pertemuan yang mempertemukan antara Indonesia dengan negara-negara di benua Afrika. Pertemuan ini akan membahas banyak isu seperti ketahanan energi dan pangan.

LF-MSP sendiri merupakan forum internasional yang akan mengundang berbagai pemangku kepentingan di tingkat dunia. Dalam Forum akan membahas tiga masalah utama global, yakni global polycrisis, kerusakan lingkungan, dan juga melemahnya multilateralisme.

“Melalui sinergi antara Visi Indonesia Emas 2045 dan Agenda Pembangunan Afrika 2063, IAF ke-2 tidak hanya membahas kemajuan masing-masing wilayah, tetapi juga membahas perkembangan kedua benua dapat saling memperkuat dan memberikan dampak positif bagi dunia,” pungkasnya. (One/01)