UMKM “Naik Kelas” Kota Bogor Bekali UMKM Keterampilan Esensial

UMKM
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) "Naik Kelas" di Kota Bogor, Jawa Barat, mendapatkan pelatihan berupa keterampilan esensial, yang berlangsung di PT Telkom Bogor pada Senin (9/9/2024). FOTO: HO-UMKM Naik Kelas

BOGOR-JABAR, SUDUTPANDANG.ID – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) “Naik Kelas” di Kota Bogor, Jawa Barat, mendapatkan pelatihan berupa keterampilan esensial, sebuah program yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM di wilayah “Kota Hujan” itu.

Pendamping UMKM Naik Kelas, Rosalina Anggraeni, yang dikenal dengan sapaan Teh Ocha, dalam penjelasan di Bogor, Rabu (18/9/2024) menjelaskan kegiatan yang telah berlangsung di PT Telkom Bogor pada  Senin (9/9) lalu adalah upaya mendorong UMKM lokal menuju tingkat yang lebih tinggi.

Kemenkumham Bali

Program pelatihan kali ini, kata dia, menghadirkan dua topik penting untuk pengembangan bisnis, yakni pertama: pembuatan “Company Profile” dan pembuatan laporan keuangan sederhana.

Pelatihan ini, kata Ocha, merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan UMKM Naik Kelas Kota Bogor untuk memberikan pendampingan yang diperlukan agar pelaku usaha dapat naik kelas, tidak hanya dari sisi pemasaran, tetapi juga dari aspek pengelolaan bisnis yang profesional.

BACA JUGA  Timnas Wanita Sukses Jinakan Singapura

Sesi pertama, yang membahas pembuatan company profile bisnis, disampaikan oleh Linda Beauty Kurniasari, seorang pengusaha craft (kerajinan) sukses dengan brand “Tulip Bag”.

Brand ini telah berhasil menembus pasar internasional, diekspor ke berbagai negara.

Linda membagikan kiat praktis dalam membangun citra profesional sebuah bisnis melalui company profile yang kuat, serta pentingnya strategi branding dalam memperluas jangkauan pasar.

Pada sesi kedua, peserta mendapatkan pelatihan mengenai Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana yang disampaikan oleh Kang Wahyu, seorang pendamping UKM Nasional bersertifikat BNSP dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Ia memaparkan langkah-langkah praktis dalam mengelola keuangan usaha secara efektif, sehingga para pelaku UMKM dapat lebih memahami arus kas dan meningkatkan transparansi dalam menjalankan usaha hingga mereka mampu membuat neraca keuangan.

BACA JUGA  Pj Gubernur DKI Tampilkan Program UMKM Kepada Delegasi KTT ASEAN

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari pihak Telkom Bogor.
Perwakilan dari Divisi Social Responsibility Center Telkom, Bogor, Liliek turut hadir dan berdiskusi dengan para peserta mengenai tantangan yang dihadapi oleh UMKM di era digital.

“Telkom Bogor senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat membantu meningkatkan daya saing UMKM, khususnya dalam menghadapi persaingan global,” katanya. (PR/02)