oleh

Australia Ragukan Kemampuan Indonesia Tangani Corona

Jakarta, SudutPandang.id-Perdana Menteri Australia Scott Morrison mempertanyakan klaim mengenai virus corona (Covid-19) yang sampai sekarang belum terindentifikasi di Indonesia.

Keraguan Morrison disampaikan saat dirinya menjadi narasumber dalam sebuah wawancara salah satu stasiun radio Australia, 3AW, belum lama ini.

Ia mengatakan, klaim Indonesia belum adanya warga yang terinfeksi virus corona merupakan “bentuk dari kemampuan mereka untuk menguji”.

“Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan banyak pulau dan akan sangat sulit untuk memberikan jaminan absolut tentang angka-angka tersebut,” ungkap Morrison dilansir SudutPandang dari The Sydney Morning Herald.

“Saya tidak bermaksud (tidak sopan). Indonesia memiliki sistem kesehatan yang berbeda dengan Australia, dan kami memiliki kapasitas yang berbeda untuk memberikan jaminan tersebut,” sambung Morrison.

Menanggapi pernyataan PM Australia, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menegaskan pemerintah Indonesia sudah melakukan segala hal sesuai dengan prosedur dari WHO.

“Kepada pihak-pihak yang ragu dengan ketiadaan kasus Covid-19 di Indonesia agar menanyakan langsung kepada WHO. Jangan mengukur menggunakan standar Australia. Indonesia bukan Australia, Australia bukan Indonesia,” tegas Achmad.(suli)

BACA JUGA  Kenakan Pakaian Adat, Budi Karya Lantik 7 Pejabat Eselon I Kemenhub

Komentar

News Feed