Hemmen

Bupati Asahan Dampingi Presiden Resmikan Tol Tebingtinggi-Indrapura-Limapuluh-Kisaran

Bupati Asahan H Surya, B.Sc bersalaman dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Tol Tebingtinggi-Indrapura-Limapuluh-Kisaran, di Pintu Tol Lima Puluh, Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024). FOTO: Diskominfo Asahan

ASAHAN-SUMUT, SUDUTPANDANG.ID – Bupati Asahan H Surya, B.Sc mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mersmikan Tol Tebingtinggi-Indrapura-Limapuluh-Kisaran, di Pintu Tol Lima Puluh, Batu Bara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024)

Presiden mengatakan pembangunan tol Tebingtinggi-Indrapura dengan panjang 20,4 km menelan biaya Rp3,06 triliun.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Sedangkan ruas tol Indrapura-Limapuluh yang panjangnya 15,6 km menelan biaya Rp1,67 triliun an ruas tol Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km menelan biaya Rp6,05 triliun.

“Tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera, saya yakin dengan pembangunan tol ini semakin banyak yang investasi untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Sumatera Utara,” kata Presiden usai meresmikan tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir mengatakan tol ini memberikan dukungan ke Pelabuhan Kualatanjung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangke.

BACA JUGA  Bupati Bintan-Kepri Resmikan Penggunaan Lapangan Tembak Marda Sarjono

Tujuannya untuk menurunkan biaya logistik dan aksebilitas.

“Seperti ruas tol lainnya akan menurunkan biaya logistik dan memperlancar akses ke daerah wisata seperti Danau Toba, kita harap bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Sumut,” kata Miftachul Munir.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Mayjen TNI (Pur) Hassanudin optimistis ruas jalan tol yang diresmikan Presiden Jokowi, yakni tol ruas Tebingtinggi-Indrapura dan Lima Puluh-Kisaran, akan mendorong pertumbuhan industri dan pariwisata.

“Ruas tol ini memiliki peran sentral untuk pembangunan di Sumut,” katana.

Ia berharap dengan meningkatnya aksebilitas ini, semakin banyak investasi yang masuk ke Sumut sehingga pembangunan di Sumut, semakin cepat, serta membuka peluang usaha-usaha baru.

“Kita harap semakin banyak yang berinvestasi, membuka peluang usaha baru dan menyerap tenaga kerja baru dalam jumlah yang besar,” kata Hassanudin.

BACA JUGA  Jokowi: Semoga Kedamaian dan Cinta Kasih Payungi Indonesia

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, B.Sc mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah meresmikan ruas tol ini.

Ia berharap ruas tol ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Asahan dan sekitarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah meresmikan ruas tol ini. Kami berharap, ruas tol ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabuaten Asahan dan sekitarnya,” katanya

Ruas tol ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat, mempermudah akses masyarakat Kabupaten Asahan menuju pusat kota Medan dan juga Bandara Kualanamu, kata H Surya.

Hadir pada peresmian ruas tol Tebingtinggi-Indrapura dan Limapuluh-Kisaran ini antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan anggota DPR RI Mutya Hafid.

BACA JUGA  Kalah Dari LavAni, SBS Kurang Latihan Bersama

Hadir juga Direktur Utama PT Hutama Karya Didin Solakhudin, Bupati Asahan, Pj Bupati Batubara dan tamu undangan lainnya.(ma/02)

Barron Ichsan Perwakum