Cerita Ojol, Tak Menyangka Diterima Bekerja Setelah Sholat Jumat

Syamsudin Wirabrata alias Bang Udin/Foto: Ist

“Insya Allah jika Allah SWT berkehendak, saya mencalonkan diri sebagai Ketua RT di tempat saya tinggal RT 09 RW 01 Kelurahan Bambu Apus, mohon do’a nya ya, agar dapat bermanfaat mengabdikan diri kepada masyarakat,”

Jakarta, SudutPandang.id-Sejak kehadiran ojek online di tengah masyarakat hampir setiap hari muncul cerita-cerita menarik. Selalu banyak kisah, entah itu kisah haru, menginspirasi, hingga mengelitik

IMG-20220125-WA0002

Kali ini, salah satu cerita menginspirasi datang dari Syamsudin Wirabrata, (40), driver ojok asal Bambu Apus Jakarta Timur.

Bagi pria kelahiran Jakarta yang akrab disapa Bang Udin ini, menjadi ojol merupakan usaha sampingan selain bertugas sebagai petugas keamanan di PT Riscon Realty, perusahaan pengembang perumahan.

“Saat itu, setelah tidak bekerja lagi di Senayan, saya ingin kerja yang dekat rumah, bisa ngaji, dan fokus menjalankan ibadah. Saya pun melamar pekerjaan di PT. Riscon, yang kantornya di Jalan Raya Setu, tidak jauh dari rumah, alhamdulilah terkabul,” tutur Udin kepada Sudut Pandang, Minggu, (21/12/2019).

Menurutnya, awalnya ia tak menyangka dapat bekerja di perusahaan tersebut. Sekitar 7 tahun lalu, usai menunaikan ibadah sholat Jumat, ia berbincang dengan sesorang. Ia pun menceritakan bahwa dirinya sedang berikhtiar mencari pekerjaan.

“Gak tau nya yang saya ajak ngobrol itu salah seorang Direksi di perusahaan yang saya kirim lamaran, singkat cerita beliau bilang, ditunggu untuk interview, saya pun hanya bengong tak bisa berkata-kata, selain mengucap syukur Alhamdulillah,” ucap Udin mengenang.

“Singkat cerita, akhirnya saya diterima di perusahaan itu, meski menjadi security, namun tetap saya syukuri dan insya Allah akan menjadi rezeki berkah untuk keluarga,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, selama bekerja 7 tahun lamanya di perusahaan itu, bukan hanya sebatas bekerja, ia juga dididik rohani agar bisa menjadi Muslim yang taat.

“Setiap Minggu saya ngaji diajari langsung oleh Direksi, walau saya Satpam saya gak dibedakan, saya gabung dengan staf lain seperti admin proyek, arsitek, supervisor, dan lainnya. Semua staf kebagian kelompok dengan hari dan pengajar yang berbeda dari kalangan Direksi, jadi insya Allah di Riscon bukan hanya dunia saja yang saya dapat, tapi juga bekal untuk di akhirat insya Allah,” ungkap Udin.

Bang Udin, di depan kediaman mantan Presiden SBY Kawasan Mega Kuningan usai mengantar dokumen/Dok.Udin Gojek

Terkait profesi sampingan sebagai ojol, ia tak menampik itu dilakukan untuk lebih meningkatkan perekonomian. Terlebih, itu dikerjakan saat sedang libur dan tidak mengganggu tugasnya.

“Alhamdulillah meski cita-cita tmenjadi Panglima TNI tidak tercapai, saat ini ada dua amanah jabatan, pertama menjaga keamanan perusahaan dan kedua menjaga keamanan penumpang,” ungkapnya sembari tersenyum.

“Insya Allah jika Allah SWT berkehendak, saya mencalonkan diri menjadi Ketua RT di tempat saya tinggal RT 09 RW 01 Kelurahan Bambu Apus, mohon do’a nya ya, agar dapat bermanfaat mengabdikan diri kepada masyarakat,” pungkas jamaah Az-Zikra pimpinan almarhum Ustadz Arifin Ilham ini.(rkm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.