Hemmen
Berita  

DKI Keluarkan Rp17,8 Triliun Untuk Bantuan

Dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan jajarannya sudah mengeluarkan sebanyak Rp17,8 triliun setiap tahunnya untuk bantuan dan jaminan sosial.

“Kita sudah mengeluarkan Rp 17,8 triliun setiap tahun. Ada 17 jenis bantuan, salah satunya anak sekolah dapat KJP (Kartu Jakarta Pintar),” kata Heru usai melakukan kunjungan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Selasa (25/7/2023).

Heru menjawab pertanyaan wartawan terkait instruksi Presiden RI Joko Widodo yang meminta kepala daerah memperbanyak bantuan sembako untuk mengantisipasi El Nino.

“Kita laksanakan. Pemda DKI kan sudah banyak bantuan jaminan sosialnya,” ujar Heru.

Selain itu, Heru menyebut bahwa penerima bantuan tersebut sudah masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan dalam program penanganan dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

BACA JUGA  Ardi Susanto: Menentang Segala Bentuk Eksploitasi Politisasi Identitas

“Kita fasilitasi semuanya apa yang diinginkan oleh pemerintah pusat,” ucap Heru.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meminta BUMN dan pemerintah daerah (Pemda) untuk memperkuat dan memperbanyak anggaran pemberian bantuan sembako kepada masyarakat sebagai langkah mengantisipasi dampak fenomena cuaca El Nino.

“Kalau bisa memang punya anggaran bantuan sembako ke masyarakat diperkuat, diperbanyak. Karena apa, kita menghadapi El Nino yang tidak bisa kita hitung karena itu menyangkut iklim, sehingga harus didahulukan,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pasar rakyat di Lapangan Rampal Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Menurut Presiden Jokowi, anggaran penyediaan bantuan sembako harus didahulukan karena menyangkut dampak El Nino yang berpotensi mengganggu ketahanan pangan.

BACA JUGA  96,3 Persen KK di Jakarta Barat Sudah Punya Tangki Septik Layak

Selain memperkuat bantuan sembako, Presiden Jokowi juga telah memerintahkan para kepala daerah untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah.(03/Ant)

Kesbangpol Banten