Hemmen

DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan

Untuk memperingati Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024, DPRD Kabupaten Asahan menggelar Rapat Paripurna di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH, Jum’at (15/03/2024). FOTO: Diskominfo Asahan

ASAHAN-SUMUT, SUDUTPANDANG.ID – Untuk memperingati Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan, Sumatera Utara Tahun 2024, DPRD setempat menggelar Rapat Paripurna di Aula Rambate Rata Raya Sekretariat DPRD Kabupaten Asahan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H Baharuddin Harahap, SH, MH, Jumat (15/3/2024).

Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Danyon 126/KC, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Anggota DPRD Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, Ketua FKUB Kabupaten Asahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OKP dan tamu undangan lainnya.

Kemenkumham Bali

Ketua DPRD Asahan H Baharuddin Harahap SH MH mengatakan momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan harus menjadi daya dorong atau motivasi bagi seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan di daerah ini untuk berpacu membangun dengan bekerja cepat, lebih cerdas dan giat sehingga terjadi percepatan dalam berbagai sektor pembangunan untuk terwujudnya masyarakata Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Pada Tahun 2023 sampai dengan awal Tahun 2024 ini Kabupaten Asahan telah melaksanakan beberapa kegiatan yang merupakan agenda daerah dan nasional, serta mulai pertengahan tahun 2024 ini, masih akan dilaksanakan agenda besar lainnya yaitu tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan”, katanya.

BACA JUGA  Anies Resmikan Gapura Chinatown Glodok, Ikon Baru Jakarta

Lebih lanjut Baharuddin mengatakan, pada 2023 yang lalu agenda daerah yaitu pemilihan kepala desa serentak telah dilalui dengan sukses tanpa ada hambatan yang berarti.

Kemudian pada tanggal 14 Februari 2024 telah dilaksanakan Pemilu Raya yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dengan lancar tanpa ada hambatan. dan semoga sukses sampai dengan tahapan pemilu selesai.

“Kesuksesan ini tentu merupakan hasil dari sinergi dan kerja sama seluruh komponen masyarakat terutama peran serta tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda, dan pemuka masyarakat lainnya”, ujarnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya  kepada saudara Kapolres Asahan, Dandim Kajari beserta seluruh jajaran serta seluruh unsur rekan Forkopimda yang telah berperan aktif menyukseskan agenda Pilkades serentak 2023 dan Pemilu Raya 2024 di Kabupaten Asahan.

Baharuddin juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat Muslim di Kabupaten Asahan.

BACA JUGA  Bupati Trenggalek Sidak OPD-Layanan Publik Awali Tahun 2023

“Mari kita jaga kondusifnya daerah selama bulan Ramadhan ini dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi antar umat beragama”, katanya.

Sebelum memberikan pidatonya Bupati Asahan H. Surya, BSc beserta Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya mendengarkan sejarah singkat Kabupaten Asahan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si.

Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan rentang sejarah selama 78 tahun ini merupakan perjalanan panjang Kabupaten Asahan untuk terus tetap eksis dalam menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel.

“Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang kita laksanakan dari masa ke masa terus mengalami perkembangan,” katanya.

“Berbagai sarana dan prasarana terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Semua itu dapat kita laksanakan apabila ditopang dengan dukungan sumber daya, keterampilan dan integritas para pengelolanya. Perlu menjadi perhatian kita bahwa kestabilan kondisi politik, ekonomi dan stabilitas kamtibmas yang kondusif juga merupakan faktor lain yang tidak kalah pentingnya”, tambahnya.

Bupati mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setingitingginya kepada KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan seluruh stakeholder atas terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) yang kondusif aman dan damai di Kabupaten Asahan.
“Kami berharap dengan tekad, semangat kekeluargaan dan kebersamaan kita kembali merapatkan barisan, bersatu dan bersinergi untuk dapat mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” katanya.

BACA JUGA  Pengembangan Rumah Tahfidz Gorontalo Utara Wujudkan Generasi Unggul

“Melalui Sidang Paripurna ini kami mengajak kita semua bahwa dengan semangat Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan kita tingkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dengan meningkatkan pelayanan publik dan bersama-sama membangub Kabupaten Asahan ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan, kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, semoga Allah SWT senantiasi melimpahkan rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua”, kata Bupati.(Ma/02)