Hemmen

Dua Pendekar Cilik Sin Lam Ba Batavia Masuk Final Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar se-DKI

Farel Naufal Rabbani (kanan) dan Rafael Dwiarya Khalfani (kiri), Siswa SDN Sunter Jaya 07 dari Perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia, Pulo Besar Sunter Jaya, Jakarta Utara. Dua pendekar cilik kakak beradik ini lolos ke babak final Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala Forum Budaya Jakarta Pesisir (FBJP) ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta.
Farel Naufal Rabbani (kanan) dan Rafael Dwiarya Khalfani (kiri), kakak beradik, Siswa SDN Sunter Jaya 07 dari Perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia, Pulo Besar Sunter Jaya, Jakarta Utara. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Farel Naufal Rabbani dan Rafael Dwiarya Khalfani, dua pendekar cilik dari Perguruan Sanggar Sin Lam Ba Batavia, Pulo Besar Sunter Jaya, Jakarta Utara, berhasil lolos ke babak final Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala Forum Budaya Jakarta Pesisir (FBJP) ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta.

Pada babak penyisihan yang berlangsung di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2023), kakak beradik pelajar SDN 07 Sunter Jaya ini tampil luar biasa pada kategori berpasangan tingkat SD.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Siswa kelas 3 dan kelas 2 SD ini akan tampil dalam ajang final di Taman Impian Jaya Ancol pada Kamis (22/6/2023) mendatang.

“Alhamdulillah ya Allah, kedua anak saya Farel dan Rafael lolos di babak penyisihan hari ini, dan masuk final Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta,” ucap Erfan Pratama, ayah dari Farel dan Rafael, usai acara di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2023).

Erfan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Sanggar Sin Lam Ba Batavia, H. Achmad Mukhlis atau yang akrab disapa Babe Mukhlis. Menurutnya, prestasi kedua jagoannya itu tak terlepas dari peranan luar biasa Babe Mukhlis.

BACA JUGA  Sanggar Sin Lam Ba Batavia Meriahkan Re-Opening Rumah Si Pitung

“Terima kasih Babe Mukhlis, dan semua teman-teman di Sanggar Sin Lam Ba Batavia Pulo Besar Sunter Jaya. Kemenangan hari ini, meski baru babak penyisihan adalah kemenangan kita bersama, prestasi Sin Lam Ba yang luar biasa mendidik dan mengajarkan Pencak Silat Tradisi Betawi sejak usia dini. Jadi garda terdepan menjaga tradisi, khususnya seni bela diri Betawi,” ucap pria yang berprofesi sebagai wartawan itu.

Sebagai informasi, Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta ini diselenggarakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jakarta Utara.

Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 terdiri beberapa kategori yakni:

  1. Kategori perorangan putra tingkat SD (29 peserta)
  2. Kategori perorangan putri tingkat SD (23 peserta)
  3. Kategori perorangan putra tingkat SLTP (8 peserta)
  4. Kategori perorangan putri tingkat SLTP (5 peserta)
  5. Kategori perorangan putra tingkat SLTA (3 peserta)
  6. Kategori perorangan putri tingkat SLTA (4 peserta)
  7. Kategori berpasangan putra tingkat SD (4 peserta dari 2 pasang peserta)
  8. Kategori berpasangan putri tingkat SLTP (6 peserta dari 3 pasang peserta)
  9. Kategori berkelompok tingkat SD (3 kelompok)
  10. Kategori berkelompok tingkat SLTP (3 kelompok)
  11. Kategori berpasangan tingkat SLTA (1 kelompok).
BACA JUGA  Sanggar Sin Lam Ba Batavia Garda Terdepan Lestarikan Seni Bela Diri Asli Betawi

Sanggar Sin Lam Ba

Sanggar Sin Lam Ba Batavia Pulo Besar Sunter Jaya pimpinan Babe Mukhlis menurunkan enam pendekar cilik dalam babak penyisihan Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2023). Foto:istimewa
Sanggar Sin Lam Ba Batavia Pulo Besar Sunter Jaya pimpinan Babe Mukhlis menurunkan enam pendekar cilik dalam babak penyisihan Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2023). Foto:istimewa

Pada babak penyisihan, Sanggar Sin Lam Ba Batavia Pulo Besar Sunter Jaya pimpinan Babe Mukhlis menurunkan enam pendekar cilik anak didiknya.

Keenam pelajar itu pada kategori perorangan putra tingkat SD menurunkan Adity Firansyah dan Ferdiansyah Daulay.

Kategori perorangan putri tingkat SD Shiva Ayudia Nurzahra. Kategori berpasangan tingkat SD Farel Naufal Rabbani dan Rafael Dwiarya Khalfani. Kemudian kategori perorangan putri tingkat SLTA Suci Sukma Melati.

“Alhamdulillah, kami dapat berpartisipasi dalam Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP ke-1 Tahun 2023 antar pelajar se-DKI Jakarta. Selain prestasi, tentunya keikutsertaan Sin Lam Ba Batavia merupakan bukti nyata komitmen kami untuk bersama-sama menjaga nilai-nilai tradisi, khususnya Pencak Silat Betawi. Selamat bagi lolos ke final, tetap semangat berlatih, kalian adalah generasi penerus kami di masa mendatang,” tutur Babe Mukhlis.

Sementara itu, Wahyudi selaku Ketua Panitia mengatakan, babak penyisihan telah berjalan aman dan lancar. Kesemuanya berkat kerja sama yang baik dari berbagai pihak.

BACA JUGA  Cedera, Bonucci Tak Bisa Perkuat Juventus

“Kejuaraan ini diikuti puluhan siswa tingkat SD, SLTP dan SLTA dari berbagai perguruan pencak silat di Jakarta. Untuk acara hari ini, Sabtu, 17 Juni 2023 merupakan babak penyisihan, Alhamdulillah berjalan lancar, terima kasih semuanya. Peserta yang lolos akan masuk babak final di Taman Impian Jaya Ancol pada Kamis, 22 Juni 2023,” katanya.

“Dan untuk yang juara 1 nantinya akan memperoleh piala bergilir. Kejuaraan Pencak Silat Tradisi Piala FBJP antar pelajar se-DKI ini akan menjadi agenda tahunan. Tahun depan, insya Allah akan berlangsung pada 17 Juni 2024 mendatang,” kata Wahyudi penuh semangat.(rkm/01)

Barron Ichsan Perwakum