Hemmen

Fogoromas Cup Jadi Seleksi Pesepak Bola Berbakat di Kabupaten Sambas

Fogoromas Cup Sepak Bola
Ketua Umum Fogoromas Jakarta, Budianto Sugianto, menyampaikan keterangan pers (Foto: istimewa)

SAMBAS, SUDUTPANDANG.ID – Forum Gotong Masyarakat Sambas (Fogoromas) Jakarta setiap tahunnya sukses menggelar turnamen sepak bola “Fogoromas Cup”. Agenda tahunan Fogoromas  Jakarta ini telah jadi seleksi untuk mencari pesepak bola berbakat di Kabupaten Sambas.

Demikian disampaikan Ketua Umum Fogoromas Jakarta, Budianto Sugianto, Senin (4/9/2023), dalam keterangan pers terkait penyelenggaraan Fogoromas Cup di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Kami fokus dan peduli terhadap pembinaan olahraga di Kabupaten Sambas, terutama sepak bola. Dengan harapan akan lahir bibit muda pemain bola yang siap membawa nama daerah ke kancah nasional dan internasional,” harapnya.

Menurut Budianto, Fogoromas Cup menjadi bagian dari pembinaan olahraga khususnya sepak bola di Kabupaten Sambas.

“Fogoromas Cup juga menjadi salah satu bentuk kepedulian kami terhadap Kabupaten Sambas,” ujarnya.

Ia bersyukur Fogoromas Cup ke-8 Tahun 2023 yang resmi berakhir pada Rabu (30/8/2023) lalu berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

“Fogoromas Cup seri 8 tahun 2023 berjalan aman dan lancar, semua itu berkat kerja sama yang baik pihak panitia, dan semua pihak terkait lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA  Liverpool Terhindar Kalah di Markas Luton Berkat Gol Luis Diaz

Budianto juga mengapresiasi semangat tim yang bertanding. Semua tim mengedepankan sportivitas sehingga event tahunan ini dapat berjalan aman dan tertib.

“Kalah menang itu soal biasa dalam pertandingan, yang terpenting mengedepankan sportivitas, karena tujuan dari Fogoromas Cup ini untuk menjaring pemain sepak bola yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Sambas,” ucap Budianto.

Budianto mengungkapkan kebanggaannya, berkat Fogoromas Cup prestasi sepak bola Kabupaten Sambas mulai membaik dalam kejuaraan antar kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.

“Setelah 52 tahun lamanya, Kabupaten Sambas berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalbar. Prestasi tersebut menjadi kabar baik dan sangat membanggakan,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada pihak Kecamatan Galing dan Desa Sungai Palah yang sudah melaksanakan turnamen, termasuk kepanitiaan Fogoromas Cup ke-8 hingga berjalan aman dan lancar.

“Setelah turnamen ini seluruh kecamatan bisa melanjutkan pembinaan sepak bola di daerahnya masing-masing agar nantinya di Fogoromas Cup seri berikutnya bisa mempersembahkan prestasi,” ucapnya.

Kecamatan Sambas

Fogoromas Cup Sepak Bola
Tim dari Kacamatan Sambas berhasil menjuarai Fogoromas Cup ke-8 Tahun 2023. (Foto:Dok.Fogoromas)

Tim dari Kecamatan Sambas berhasil menjadi juara 1 Fogoromas Cup ke-8 Tahun 2023 setelah dalam laga final mengalahkan tim Tangaran melalui adu penalti di lapangan Tornado, Sungai Guntung, Desa Sungai Palah, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, pada Rabu (30/8/2023) lalu.

BACA JUGA  Onic Esports Juara MPLI 2022

Sementara itu Ketua Askab PSSI Sambas, Eko Suprihatino mengatakan, Fogoromas Cup telah menjadi bagian dari seleksi para pemain yang mewakili Kabupaten Sambas pada kejuaraan tingkat provinsi.

“Ajang Fogoromas Cup menjadi bagian yang penting untuk mempersiapkan pemain sepak bola yang akan dibawa mewakili Kabupaten Sambas di ajang-ajang yang lebih tinggi,” kata Eko yang juga Anggota DPRD Kabupaten Sambas.

Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Yakob Pujana juga mengapresiasi Fogoromas Jakarta yang konsisten menggelar turnamen sepak bola. Fogoromas Cup pun telah dikenal luas sebagai turnamen sepak bola berkelas di Kabupaten Sambas.

“Turnamen sepak bola Fogoromas Cup telah ada di hati masyarakat Sambas khususnya pecinta sepak bola. Kepedulian Fogoromas Jakarta terhadap Kabupaten Sambas memang luar biasa,” ucapnya.

Sebagai informasi, Fogoromas Cup ke-8 Tahun 2023 diikuti sebanyak 25 tim dari 16 kecamatan di Kabupaten Sambas. Juara 1 diraih Tim Sambas, Tangaran juara 2 dan Galing berada di posisi ketiga.

BACA JUGA  Widyanta Putra Berlabuh di Satria Muda

Tampak hadir Kepala Bidang Olahraga Disparpora Kabupaten Sambas, Herry Aprizal, Camat Galing, Usman, Kapolsek Galing, Iptu Hazimi. Lurah Sungai Palah, Mahrus Mahudi, dan unsur Forkopimcam beserta tokoh masyarakat lainnya.

Masyarakat tampak antusias menyaksikan pertandingan final yang berlangsung sengit antara tim Sambas dan Tangaran. Pertandingan berakhir dengan adu penalti dan tim Sambas berhasil mengangkat trofi juara Fogoromas Cup ke-8 2023.

Pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para penonton dari nomor tiket yang diundi mulai handphone, sepeda, televisi hingga kulkas.(PR/01)

Barron Ichsan Perwakum