Hemmen

Hoaks! Foto Amplop Pembagian Uang Kampanye Akbar Pasangan AMIN

Unggahan hoaks yang menampilkan unggahan foto amplop berisi uang yang diklaim dibagikan saat kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Faktanya, foto tersebut merupakan tahun 2019 yang dibagikan oleh satu caleg DPRD Grobogan, Jateng‎. FOTO: dok.Ant

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Sebuah unggahan “Facebook” yang menampilkan unggahan foto amplop berwarna kuning dengan logo PKS, partai pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dan juga amplop berwarna putih di belakangnya, yang dinarasikan sebagai pembagian uang pada kampanye akbar pasangan itu ternyata berdasarkan penelusuran Tim JACX ANTARA adalah hoaxs.

Dikutip di Jakarta, Selasa (13/2/2024), Tim JACX pada Senin (12/2) melansir ribuan orang memadati Jakarta Internasional Stadium (JIS) dalam acara kampanye akbar capres-cawapres AMIN.

Sebuah unggahan “Facebook” menampilkan unggahan foto amplop berwarna kuning dengan logo PKS, partai pengusung AMIN dan juga amplop berwarna putih dibelakangnya.

Dalam foto tersebut terlihat amplop tersebut berisi uang pecahan Rp20 ribu dan Rp50 ribu.

BACA JUGA  Puan Ucapkan Selamat Deklarasi Duet Anies-Cak Imin di Pilpres 2024

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Lumayan dapat amplop ikut kampanye di JIS”

Namun, benarkah foto amplop pembagian uang kampanye akbar Anies-Muhaimin tersebut?

Unggahan hoaks yang menampilkan unggahan foto amplop berisi uang yang diklaim dibagikan saat kampanye akbar Anies-Muhaimin.

Faktanya, foto tersebut merupakan tahun 2019 yang dibagikan oleh satu caleg DPRD Grobogan‎. (Facebook)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto uang tersebut serupa dengan unggahan dilaman Kompas yang berjudul “Mengintip Aksi Bagi-Bagi Uang Caleg di Grobogan, Mulai Rekrut Preman hingga Serangan Fajar”.

Foto dalam laman tersebut diberi keterangan Sulimin (48) warga Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menunjukkan bukti amplop yang ia terima dari salah satu caleg DPRD Grobogan‎, Rabu (17/4/2019).

BACA JUGA  3 Tahun Berkarya, Inilah Pesan dan Harapan Pimpinan Umum Akuratnews.com

Klaim: Foto amplop pembagian uang kampanye akbar Anies-Muhaimin

Rating: Hoaks
(Ant/02)

Kesbangpol Banten