Hemmen

Kecerdasan AI Deteksi Kejahatan di Stasiun Kereta Kota London

AI
ilustrasi/Foto: istimewa

LONDON, SUDUTPANDANG.ID – Teknologi kecerdasan buatan (AI) digunakan pemerintah Inggris mengawasi perilaku mencurigakan di sekitar stasiun kereta, agar masyarakat aman.

Perangkat lunak pengawasan AI ini terintegrasi dengan sistem CCTV, untuk secara otomatis mengidentifikasi gerak-gerik yang dapat mengancam keamanan.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

Salah satu contoh gerak-gerik mencurigakan yang dideteksi oleh AI ini adalah perilaku yang mengindikasikan akan terjadinya kejahatan, seperti mengacungkan senjata api atau senjata tajam, serta memantau orang-orang yang terjatuh ke jalur kereta.

Dengan demikian, sistem ini membantu meningkatkan keamanan di sekitar area stasiun kereta yang sering menjadi target kejahatan.

Badan transportasi yang bertanggung jawab atas stasiun kereta tersebut telah mengintegrasikan AI dengan rekaman video langsung dari CCTV, untuk mengirimkan peringatan secara langsung kepada petugas keamanan.

BACA JUGA  Jangan Hanyut Dalam Euforia, Masih Ada Leg Kedua

Selama masa uji coba, lebih dari 44.000 peringatan telah dihasilkan oleh sistem AI, dengan 19.000 data yang dikirimkan secara real-time kepada staf stasiun.

Salah satu contoh penerapan teknologi ini terjadi di Willesden Green, di mana sistem AI didesain untuk mendeteksi potensi insiden keselamatan, sehingga petugas dapat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan dan sekaligus mengantisipasi perilaku kriminal.

Dengan demikian, teknologi AI tidak hanya digunakan untuk mengidentifikasi kejahatan yang sedang terjadi, tetapi juga untuk mencegah terjadinya insiden yang dapat membahayakan keamanan publik.

Model AI ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi kehadiran kursi roda, kereta bayi, orang yang merokok, atau menggunakan vaporizer. Selain itu, juga orang yang mengakses area terlarang, dan orang yang berada dalam situasi yang membahayakan diri, seperti mendekati tepi peron kereta.

BACA JUGA  Indonesia Sisakan Tiga Wakil di Semifinal

Dengan demikian, sistem ini tidak hanya berfokus pada keamanan, tetapi juga membantu dalam menjaga disiplin dan keselamatan di sekitar stasiun kereta.

Penerapan teknologi kecerdasan buatan dalam pengawasan keamanan stasiun kereta di London merupakan langkah inovatif dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat.(indozone/06)

Barron Ichsan Perwakum