Hemmen
Berita  

Kemenhub Infokan Titik Kemacetan di Jalan Tol Saat Libur Nataru 2024

Ilustrasi mobil di gerbang tol Sudutpandang.id
Ilustrasi

JAKARTA, SUDUTPANDANG.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumad menginformasikan pada para warga berlibur Nataru, titik-titik kemacetan di sejumlah ruas tol.

Dalam keterangan resminya, Budi menyampaikan, Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, juga menjadi salah satu titik krusial kepadatan lalu lintas saat arus liburan Nataru.

Idul Fitri Kanwil Kemenkumham Bali

“Pada Tol Cipali, ada perjumpaan dengan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Kami bersama-sama dengan Korlantas dan Dinas Perhubungan telah menyiapkan upaya-upaya rekayasa lalu lintas,” beber Budi.

Selain itu, lokasi lain yang berpotensi menjadi titik kepadatan adalah Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan Gilimanuk. Selanjutnya Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Budi juga menyampaikan, perlu adanya perhatian khusus pada perjalanan wisata selama libur Nataru. Hal ini karena peningkatan jumlah pergerakan masyarakat yang signifikan dibanding tahun lalu.

BACA JUGA  Kemenhub Kerahkan Kapal Patroli dan Pengawasan di Perairan Natuna

“Kita tahu ada perkiraan 107 juta orang yang bergerak pada libur Nataru tahun ini, dan kebanyakan akan menuju tempat wisata,” ujar Budi.

Seperti diketahui, untuk titik kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi pada Km 47. Hal ini karena menjadi tempat pertemuan antara arus dari Tol Layang MBZ dengan jalur Cikampek bawah.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi kepadatan, Polisi akan menerapkan rekayasa lalu lintas pada jalur krusial sesuai perhitungan VC Ratio.

Titik krusial pada jalur Tol Jakarta-Cikampek yaitu KM 47 merupakan pertemuan jalur layang MBZ dan jalur di bawah, lalu di KM 72 dan KM 87 yang terdapat penyempitan atau bottleneck.

Barron Ichsan Perwakum