Mengabdi Itu Bukan Hanya Jadi Presiden, Inilah Pesan Bang Udin

Syamsudin Wirabrata/Foto: Ist

Jakarta, Sudut Pandang-Mengabdi terhadap masyarakat tak melulu harus menjadi anggota legislatif, Bupati, Wali Kota, Gubernur atau Presiden. Pengabdian dapat dilakukan di lingkungan terkecil, yaitu tingkat Rukun Tetangga (RT).

Demikian dituturkan Syamsudin Wirabrata, (40), warga Bambu Apus, yang siap menjadi calon Ketua RT 09 RW 01 Kel.Bambu Apus Kec.Cipayung Jakarta Timur, tempat tinggalnya.

IMG-20220125-WA0002

“Semoga niat saya ini mendapat restu dari para warga, tentunya juga ridho dari Allah SWT agar saya bisa bermanfaat buat melayani warga sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat,” ucap pria bersahaja yang akrab disapa Bang Udin, saat ditemui di Kantor Kelurahan Bambu Apus Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menurut Udin, persepsi yang berkembang selama ini bahwa bentuk pengabdian terhadap masyarakat adalah menjadi wakil rakyat atau jabatan di eksekutif. Sehingga saat Pemilu dan Pilkada banyak yang berlomba-lomba mencalonkan diri.

“Itu tidak salah, karena hak konstitusional setiap sebagai warga negara. Namun, hal berbeda ketika pemilihan Ketua RT, banyak yang menghindar bahkan tidak mau,” ujarnya berseloroh.

“Padahal, apapun jabatannya itu adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan, Presiden atau Ketua RT sama-sama mengabdikan diri untuk melayani masyarakat,” sambung alumni SMKN 58 Jakarta yang saat itu bercita-cita menjadi Panglima TNI.

Ia berpandangan, Ketua RT adalah ujung tombak pelayanan masyarakat dalam skala kecil, namun nilai pengabdiannya tetap sama sepanjang niatnya tulus ikhlas untuk mengabdikan diri.

Insya Allah, saya akan maju dalam pemilihan RT yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2019 mendatang, salah satu program saya adalah ingin lebih meningkatkan ketaqwaan, menjadikan lingkungan yang lebih religius,” ujarnya.

Salah satu caranya, lanjut Udin, istrinya akan mengadakan pengajian untuk ibu-ibu mulai dari belajar iqro sampai Al-Qur’an serta praktik shalat.

“Selain itu, saya akan mengadakan program rekreasi gratis buat kaum dhuafa dan anak yatim di lingkungan RT 09/01. Selain itu, tentu ada lagi program lainnya yang insya Allah akan saya presentasikan saat pemungutan suara nanti,” pungkasnya.Red/Rkm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.