Hemmen

Menko PMK: Peraih Medali Asian Para Games Hangzhou Dapat Hadiah Rumah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (kanan) memberikan keterangan pers usai menyaksikan secara langsung laga final tunggal putri SH6 Asian Para Games 2022 Hangzhou antara Rina Marlina menghadapi wakil dari tuan rumah Li Fengmei di Binjiang Gymnasium, China, Jumat (27/10/2023). FOTO: kemenkopmk.go.id

HANGZHOU, SUDUTPANDANG.ID – Pemerintah Indonesia memastikan atlet peraih medali dalam ajang Asian Para Games (APG) 2022 Hangzhou, China, diberi hadiah rumah.

“Hadiah rumah tinggal dari pemerintah (kepada atlet peraih medali APG Hangshou) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy
dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Sabtu (28/10/2023) di Hangzhou.

“Saya sudah kontak dengan Sekjen Kementerian PUPR, ada berita yang cukup bagus. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, atas persetujuan dari Presiden Joko Widodo, akan memberikan bonus rumah untuk mereka yang mendapatkan medali,” katanya.

Muhadjir mengatakan pemberian rumah tidak berdasarkan jumlah medali yang didapatkan, namun perorangan. Di samping itu, lokasi hadiah rumah tinggal akan disesuaikan dengan domisili atlet.

BACA JUGA  Klub Kontestan Rekomendasikan Satu Pemain di IBL Rookie Combine 2022

“Semua atlet yang meraih medali akan dapat bonus berupa rumah tinggal yang disesuaikan tempat domisili yang bersangkutan. Itu yang sudah ada kepastian,” katanya.

Selain itu, Menko PMK mengatakan bonus lain masih akan diperhitungkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

“Untuk bonus lainnya masih sedang diproses. Saya juga belum mendapatkan informasi nilai nominalnya berapa, tapi Insya Allah akan diusahakan ada bonus. Nanti setelah sepulang dari Hangzhou ini saya akan segera urus bersama-sama Pak Menpora untuk bonus atlet-atlet terutama peraih medali,” kata Muhadjir.

Ia menyatakan belum dapat dipastikan bonus apa saja yang akan diterima atlet peraih medali APG 2022 Hangzhou.

“Mudah-mudahan lebih banyak bentuk bonusnya. Kalau yang resmi, yang jelas, dari pemerintah nanti akan diurus Kemenpora dengan Menko PMK, untuk rumah tinggal nanti dari Kementerian PUPR,” kata Muhadjir Effendy.

BACA JUGA  Gunung Ili Lewotolok di NTT Meletus, Terekam 2 Kali PVMBG

Sementara itu, Indonesia hingga Sabtu pukul 11.30 waktu China, berada di peringkat tujuh dalam klasemen perolehan medali APG 2022 Hangzhou, dengan mengoleksi 26 emas, 24 perak, dan 32 perunggu. (02/Ant)

 

Kesbangpol Banten